TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa - Daerah

Berbasis Digital, Pemkot Malang Optimis Pelayanan Publik Lebih Cepat dan Mudah

25/06/2019 - 18:33 | Views: 11.28k
Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko (FOTO: Humas Pemkot Malang)

TIMESINDONESIA, MALANGPemerintah Kota Malang akan terus mendukung pengembangan teknologi informasi berbasis digital untuk meningkatkan pelayanan publik. Sebab, dalam perkembangan saat ini, pelayanan dihadapkan dengan berbagai peluang dan tantangan yang modern dan berbasis digital.

Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko mengatakan, dalam era sekarang, Pemerintah Kota Malang, dituntut untuk mampu berkompetisi dalam rangka meningkatkan daya saing. 

Terutama dalam memberikan data dan informasi yang akurat, cepat, lengkap, aman dan mudah; untuk digunakan dalam setiap proses perumusan kebijaksanaan dan pengambilan keputusan bagi kepentingan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.  

Edi mengatakan spirit yang dibangun dari manajemen informasi yang berbasiskan teknologi informatika adalah membangun prinsip transparansi, akuntabilitas, partisipatif dan demokratis dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik (good governance).

"Pemerintahan yang baik, maka aparatur pemerintah sebagai abdi negara dan abdi masyarakat, dituntut untuk mampu meningkatkan kinerjanya, sehingga diperoleh birokrasi yang handal dan profesional, efisien, produktif serta memberikan pelayanan prima kepada masyarakat," kata Edi.

Hal itu disampaikan dalam acara Analisis Kebutuhan dalam Rangka Penerapan Digital Signature atau Sertifikat Elektronic Bagi Perangkat Daerah di Hotel Grand Palace Malang, Selasa (25/6/2019).

Edi menilai pengembangan teknologi informasi, menjadi salah satu langkah strategis yang harus dikembang-kan daerah untuk mengoptimalkan aspek pelayanan; satu diantaranya dengan penerapan digital signature. Ia mengatakan bahwa upaya memanfaatkan tandatangan elektronik ini menjadi langkah nyata untuk mewujudkan Smart City. 

Dia pun berharap jajaran Pemkot Malang melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) aktif dan komitmen dalam menjalankan langkah yang diambil. Termasuk dalam memanfaatkan tandatangan elektronik dalam memberi layanan kepada masyarakat.

Wakil Wali Kota Malang berharap pengembangan pelayanan publik berbasis digital ini menjadi langkah kecil dari Pemkot Malang untuk memulai cita-cita yang sesungguhnya yakni Malang Smart City(*)

Jurnalis: Imadudin Muhammad
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Malang
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Top

search Search