TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Tekno

Cegah Kehilangan Data dengan Rutin Backup Ponsel Pintar Anda

08/07/2019 - 16:02 | Views: 32.37k
Pemaparan hasil survei DEKA yang dikomisikan oleh Western Digital terkait pola perilaku pengguna smartphone. (foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pernah kehilangan data penting di ponsel pintar atau smartphone Anda? Tenang, hal itu bisa dicegah dengan rutin melakukan backup memori di gadget yang Anda miliki.

Menurut survei DEKA yang dikomisikan oleh Western Digital pada 27 Februari hingga 11 Maret lalu, sebanyak 67 persen masyarakat khususnya pengguna ponsel pintar (smartphone) mengaku pernah kehilangan data mereka.

"Mereka tahu backup data penting tapi frekuensinya jarang," ujar Mamik S. Leonardo selaku Research Directur DEKA dalam pemaparan hasil survei di GoWork Setiabudi, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (8/7/2019).

Mamik menyampaikan, dari 1.120 responden yang terlibat dalam survei secara tatap muka tersebut, 80 persen diantaranya menyadari pentingnya melakukan backup data di gadget mereka. Namun, hanya sepertiga yang rutin melakukannya sebulan sekali.

"Sedangkan kita tidak tahu apa yang akan terjadi dalam satu bulan itu," ucapnya.

Lebih lanjut, ada beberapa hal yang menyebabkan pengguna ponsel pintar mengalami masalah kehilangan data. Diantaranya, kapasitas memori internal yang tak lagi cukup menyimpan semua momen penting si pengguna tersebut.

Survei juga menunjukkan, 56 persen responden menggunakan smartphone dengan memori internal 16-32 GB. Sementara, lebih dari setengah responden juga mengeluhkan jika mereka hanya memiliki sisa memori 1-3 GB saja.

"Kapasitas terbatas ini menyebabkan para responden terpaksa menghapus data untuk mengosongkan kapasitas penyimpanan dan hampir semua mengaku merasa kesal saat ponsel mereka kehabisan kapasitas memori," ungkap Mamik.

Sedangkan untuk penyebab kehilangan data lainnya kata Mamik, bisa dikarenakan perangkat smartphone yang rusak, virus, file yang rusak hingga kehilangan perangkat. Oleh karenanya, sangatlah penting melakukan backup ponsel pintar yang dimiliki secara rutin sebulan sekali atau lebih. Terlebih di era digital saat ini.(*)

Jurnalis: Rahmi Yati Abrar
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber :
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Top

search Search