TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ketahanan Informasi
Ketahanan Informasi Pendidikan

Mahasiswa ITNY Ciptakan Intelligent Cross Walk Budaya Keselamatan di Jalan Raya

12/07/2019 - 18:02 | Views: 36.20k
Tim Mahasiswa ITNY foto bersama dengan Prototype Intelligent Cross Walk. (FOTO: Humas ITNY/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Sebagian masyarakat Indonesia masih belum terbiasa menggunakan zebra cross atau marka penyebrangan ketika hendak menyebrangi jalan raya. Padahal, tindakan tersebut dapat membahayakan keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan yang lain. Berangkat dari keprihatinan tersebut, mahasiswa Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menciptakan Intelligent Cross Walk.

Sang inovator adalah Oktaviani Madu Kentar sebagai ketua, Achmad Ilyasa Septiansyah dan Mhd. Apriliansyah Anugrah Pratama dari Prodi Teknik Elektro ITNY sebagai anggota. Proses perancangan Intelligent Cross Walk ini didanai melalui skema Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Dikti.

Mahasiswa-ITNY-2.jpg

Dosen pembimbing Asniar Aliyu mengatakan, alat ini diciptakan untuk membentuk mindset masyarakat agar semakin sadar akan keselamatan ketika hendak menyebrangi jalan raya.

"Alat ini nantinya ditargetkan untuk penyeberangan jalan di Yogyakarta dan akan dipasang di sekitaran wilayah yang banyak dilalui penyeberang jalan seperti di Malioboro," kata Asniar.

Ketua tim inovator, Oktaviani Madu mengatakan, pembuatan teknologi ini berawal dari keprihatinan banyaknya zebra cross yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

"Semoga Prototype Intelligent Cross Walk ini dapat membuat penyeberang jalan raya merasa aman," kata Oktaviani, mahasiswi Teknik Elektro ini.

Wakil Rektor III ITNY Dr Hill Gendoet Hartono ST MT mendukung inovasi tim mahasiswa Teknik Elektro ITNY. Ia berharap, teknologi inovasi ini bisa ini dapat diadopsi oleh pemerintah sehingga dapat diproduksi secara massal.

"Perangkat Intelligent Cross Walk ini merupakan bentuk kontribusi mahasiswa ITNY terhadap keselamatan pengguna jalan raya terutama yang akan menyebrangi jalan. Semoga masyarakat semakin peduli terhadap keselamatannya dan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dala budaya keselamatan di jalan raya," kata Hill Gendoet Hartono. (*)

Penulis: Ridayati (CR-137)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber :
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Top

search Search