TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa - Daerah

PLN Sragen akan Lakukan Operasi Pencurian Listrik di Desa Kawung

17/07/2019 - 23:49 | Views: 12.70k
Rizky, manajer PLN Sragen. (Foto: Mukhtarul Hafidh/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SRAGEN – Maraknya kasus pencurian dan pelanggaran listrik, PLN Sragen bakal gelar operasi besar-besaran terhadap pelanggan PLN di Desa Dawung, Kecamatan Sambirejo, Sragen.

Operasi ini akan melibatkan tim dari Polres Sragen dan Denpom.

“Kami lakukan operasi besar dengan melibatkan Polres dan Denpom. Desa Dawung itu target operasi (TO) sudah lama. Karena indikasinya sudah tahun-tahunan nggak tersentuh. Perkiraan kami ada puluhan yang terindikasi melakukan pelanggaran,” papar Manajer Rayon PLN Sragen, Rizky, Rabu (17/7/19).

Pihaknya mendeteksi ada puluhan warga di Desa Dawung yang diduga melakukan pelanggaran pencurian listrik dengan berbagai modus.

Menurutnya, Desa Dawung Sambirejo memang sudah lama menjadi TO (Target Operasi) karena banyaknya indikasi pelanggaran dan pencurian listrik di rumah-rumah warga.

Operasi besar-besaran terpaksa dilakukan lantaran sudah bertahun-tahun indikasi pencurian itu, tetapi belum ada penindakan. Pihaknya menduga ada oknum tak bertanggungjawab di wilayah itu yang ditengarai menjadi ganjalan dilakukannya penertiban.

Dia menguraikan, hasil pemeriksaan secara acak di desa itu, pihaknya menemukan ada enam warga yang terbukti melakukan pencurian listrik dengan modusnya mulai dari memasang perangkat di meteran hingga menyudet aliran di kabel jaringan sebelum sampai meteran.

Rizky menambahkan, operasi dilakukan setelah upaya persuasif dilakukan. Yaitu dengan pemberian sanksi dan menyurati kepada warga yang bersangkutan, tidak mendapat tanggapan positif.

“Kami sudah prosedural. Karena pencurian listrik di sana sudah termasuk kategori pelanggaran berat. Sesuai ketentuan dari Dirjen Ketenagalistrikan, sanksinya memang harus dicabut dan membayar denda,” tegas Manajer Rayon PLN Sragen ini. (*)

Jurnalis: Mukhtarul Hafidh (MG-198)
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Yogyakarta
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search