TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ketahanan Informasi
Ketahanan Informasi Desa

Inilah Alasan Pekerjaan TMMD Kodim Tegal Mengaspal Jalan Bukan Mengecornya

21/07/2019 - 08:17 | Views: 7.16k
Para petani di Desa Jatimulya, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, berebut air untuk pertanian. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TEGAL – Pekerjaan di TMMD Kodim Tegal di Desa Jatimulya, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, adalah membuat makadam sepanjang total 2,3 kilometer lebar 3 meter dan pengaspalan jalan sepanjang 1,1 kilometer.

Dipilihnya desa ini karena memang sangat membutuhkan akses antar pedukuhan dan pertanian yang layak guna meningkatkan kesejahteraan khususnya petani.

Dinyatakan Babinsa setempat dari Koramil 05 Suradadi, Serda Mursidi, jalan desa diaspal dengan pertimbangan bahwa desa dengan topografi dataran rendah dengan ketinggian antara 8-13 mdpl, sedang mengalami kemarau panjang sehingga kesulitan mendapatkan air bersih dan pertanian.

TMMD-Kodim-Para-petani2.jpg

“Dipilihnya pengaspalan, sudah diputuskan melalui Musrenbang tingkat provinsi, dengan pertimbangan kesulitan air,” ucap Mursidi, Sabtu (20/7/2019).

Sementara dibenarkan salah satu warga yang juga berebut air di saluran irigasi Kali Rambut, Suharjo (50) petani dan buruh tani asal Dukuh Sigerung RT/RW. 01, Jatimulya, bahwa jatah pengairan di Jatimulya melalui saluran irigasi tersebut terjadwal 4 hari dalam sepekan pada Minggu-Rabu.

TMMD-Kodim-Para-petani3.jpg

“Jika kami tidak berebut menyedot dengan pompa air di Kali Rambut maka tidak akan kebagian air,” ungkapnya.

Itulah alasannya, potensi sumber daya alam setempat yang kesulitan air juga menjadi pertimbangannya. Sebab pengecoran jalan sangat membutuhkan volume air dalam jumlah yang besar. Babinsa yang termasuk dalam satgas TMMD Kodim Tegal ikut mengawasi kegiatan masyarakat ini guna mengantisipasi terjadinya konflik sosial karena perebutan air. (*)

Penulis: Aan Setyawan (CR-146)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber :
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search