TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Pendidikan

Menhan RI Beri Kuliah Umum Bela Negara untuk Mahasiswa Baru UPNVY

13/08/2019 - 21:42 | Views: 8.49k
Menteri Pertahanan RI (Menhan RI) , Ryamizard Ryacudu menyampaikan kuliah umum Penguatan Bela Negara Menghadapi Revolusi Industri 4.0. (FOTO: Ahmad Tulung/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Menteri Pertahanan RI (Menhan RI), Ryamizard Ryacudu menyampaikan kuliah umum Penguatan Bela Negara Menghadapi Revolusi Industri 4.0 untuk pembekalan mahasiswa baru UPN Veteran Yogyakarta (UPNVY) tahun ajaran 2019/2020 di kampus setempat, Selasa (13/8/2019).

Menhan RI, Ryamizard Ryacudu juga menyampaikan selamat kepada seluruh mahasiswa baru yang akan melaksanakan studinya di UPN Veteran Yogyakarta.

“Saya berharap adik-adikku sekalian akan mampu berkarya dan menerapkan ilmu yang didapatkan dari UPN untuk kepentingan bangsa dan negara. Keberhasilan kalian semua juga merupakan kebanggaan bagi keluarga,” kata Ryamizard.

Menurutnya, mereka adalah putra-putri terbaik bangsa yang memiliki keistimewaan, bukan hanya telah terpilih sebagai duta-duta Bela Negara dan pembangunan bangsa ke depan. Akan tetapi karena mampu menunjukkan keteladanan sebagai pelajar terpilih yang berprestasi, berdisiplin dan bermoral serta memiliki jiwa Nasionalisme yang tinggi.

Dihadapan 3280 mahasiswa baru tersebut Menhan RI berpesan, "Jadilah kalian sebagai generasi masa depan yang maju dan unggul serta berkarakter, yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta teruslah berkarya,” terang Ryamizard.

Selain itu, Menhan RI juga berharap mereka memiliki kekuatan integritas kepribadian yang Pancasilais, mental yang kokoh, ulet, tegar, dan pantang menyerah, untuk berjuang demi kemajuan bangsa dan Negara.

"20 hingga 30 tahun ke depan negara ini milik kalian dan kalianlah yang nanti memimpin negara ini. Maju besarnya negara ini oleh kalian, tetapi hancurnya negara ini juga adalah kalian. Memang berat tantangannya dan itulah Pancasilais sejati. Jadi pantang menyerah sampai kapanpun,” ungkapnya.

Ia berharap kepada mahasiswa baru, sebagai duta-duta bela negara dan sebagai keluarga besar pejuang, sebagai anak bangsa kita patut berbangga menjadi bagain dari bangsa ini. Karena sampai sekarang ini penduduk Indonesia sudah mencapai 269 juta. Kemudian, 1 juta lagi menjadi 270 juta bangsa nomor empat di dunia.

“Ini adalah modalitas dan kekuatan yang maha dasyat bagi bangsa kita, yang harus kita pertahankan persatuannya sampai kapanpun. Tidak ada satu kekuatanpun yang dapat mengganggu dan menghancurkan persatuan dan persaudaraan kita,” tuturnya.

Sejak dahulu kala dan hingga saat ini, masyarakat dunia mengenal bangsa indonesia sebagai bangsa yang solid, toleran, ramah tamah dan murah senyum. Kemudian, bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang sangat mencintai perdamaian dan kedamaian.

“Bangsa Indonesia sangat menghormati berbagai perbedaan suku, agama dan ras serta selalu menyelesaikan masalah dengan semangat perdamaian, persatuan dan musyawarah untuk mufakat berdasarkan pancasila dan UUD 1945,” terang Menhan RI saat memberikan Kuliah Umum Bela Negara bagi Mahasiswa Baru UPNVY. (*)

Jurnalis: Ahmad Tulung
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Yogyakarta
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Top

search Search