TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Pendidikan

Rektor UPNVY Dr Mohamad Irhas Efendi Ikut Sambut Mahasiswa Baru

13/08/2019 - 23:28 | Views: 7.05k
Rektor UPNVY Dr Mohamad Irhas Efendi ketika pidato menyambut mahasiswa baru. (FOTO: Ahmad Tulung/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – UPN Veteran Yogyakarta (UPNVY) menggelar sidang senat terbuka. Sidang yang dipimpin Rektor UPNVY Dr Mohamad Irhas Efendi ini menandai peresmian penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2019/2020.

Sebanyak 3.280 mahasiswa baru mengikuti kegiatan yang dipusatkan di Gedung Auditorium WR Supratman UPN “Veteran Yogyakarta, Selasa (14/8/2019).

Rektor UPNVY menyampaikan selamat datang dan selamat bergabung menjadi mahasiswa baru di kampus Bela Negara UPN Veteran Yogyakarta.

“Pada penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) UPN Veteran Yogyakarta meraih peringkat pertama tingkat ketetatan di bidang sosial humaniora (soshum), sedangkan di bidang sains dan teknologi (saintek) UPN Veteran Yogyakarta meraih peringkat ketujuh dari seluruh PTN Indonesia,” kata Irhas.

Irhas menambahkan, saat ini mahasiswa baru UPNVY memasuki era Revolusi Industri 4.0, sebuah era yang ditandai dengan adanya cyber physical system, internet of things, dan networks. Ini merupakan kelanjutan dari era RI 3.0 yang ditandai dengan otomisasi, komputer dan elektronik. Era RI 4.0 telah mengubah cara hidup, cara bekerja, dan cara berhubungan satu sama lain.

“Era ini tidak saja membuka berbagai peluang untuk meningkatkan daya saing karena masuknya berbagai pemikiran dan paham secara lebih bebas. Namun juga berpotensi masuknya pemikiran dan paham yang dapat pula bertentangan dengan ideologi negara,” terang Irhas

Karena itu, program PKK BN tahun ini yang mengambil tema “Mewujudkan Mahasiswa Berkarakter Bela Negara menghadapi tantangan Revolusi Industri 4.0” sangatlah tepat untuk membentengi para mahasiswa dari terkikisnya rasa nasionalisme dalam rangka meningkatkan  daya saing di tingkat global di tengah peluang yang diciptakan oleh revolusi industri 4.0.

Kampus ini juga terus mengembangkan nilai penting berupa disiplin, kejuangan dan kreativitas bagi semua sivitas akademika dan pegawainya.

Rektor UPNVY mengimbau para mahasiswa baru untuk bergabung dengan 52 Organisasi Kemahasiswaan (26 UKM dan 30 OK) untuk mengembangkan sosialisasi dan kemampuan berorganisasi, dengan mengikuti organisasi kemahasiswaan secara tidak langsung soft skill para mahasiswa juga akan berkembang.

Tidak lupa Rektor menyampaikan sejarah perkembangan UPN Veteran Yogyakarta dari awal sampai penegerian. “Selamat bergabung di di kampus bela negara UPN Veteran Yogyakarta,” terang Rektor UPNVY Dr Mohamad Irhas Efendi saat menyambut mahasiswa baru. (*)

Jurnalis: Ahmad Tulung
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Yogyakarta
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search