TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Wisata

Suasana Pasar Tempo Dulu, Kunjungi Peken Lawas Candimulyo

19/08/2019 - 01:40 | Views: 17.64k
Pedagang menunjukkan koin khusus sebagai alat tukar di Peken Lawas Candimulyo. (Foto: Yupi Apridayani/TIMESIndonesia).

TIMESINDONESIA, MADIUN – Kangen dengan suasana pasar tradisional tempo dulu? Datang saja ke Lapangan Desa Candimulyo, Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun. Kelompok sadar wisata (pokdarwis) setempat menggelar Peken Lawas Candimulyo (PLC) di lokasi tersebut.

"PLC bisa dikunjungi setiap hari Minggu mulai pukul 05.30 WIB. Pembukaannya tanggal 18 Agustus 2019," ujar Rachmad Sodik, Ketua Pokdarwis Desa Candimulyo, Minggu (18/8/2019).

Pasar-Tempo-Dulu-2.jpgMakanan dan minuman jadul bisa ditemukan di Peken Lawas Candimulyo setiap hari Minggu. (Foto: Yupi Apridayani/TIMESIndonesia).

PLC sengaja dikemas dengan nuansa jadul. Stan pedagang dibuat bergaya saung dari bambu dan atap daun tebu. Barang dagangan yang dijual juga disesuaikan dengan tema lawas. Misalnya makanan dan minuman jadul seperti dawet, jamu dan jajan pasar.

"Yang dijual adalah hasil bumi dan kerajinan Candimulyo. Kami juga menyediakan koin khusus untuk alat tukar," jelasnya.

Pembukaan PLC berlangsung meriah dan padat pengunjung. Diawali dengan senam bersama warga. Selain stan pedagang juga tersedia taman bacaan majalah lama dan spot foto. Juga ada kegiatan workshop kerajinan serta cek gula darah dan tensi gratis.

Pasar-Tempo-Dulu-3.jpg

"Saya jualan dawet. Yang lain juga banyak yang jualan makanan dan minuman tempo dulu. Pasarnya ramai dan asyik," ujar Karmini salah seorang pedagang di PLC.

Pengunjung Peken Lawas Candimulyo (PLC) juga bisa menikmati pemandangan khas desa lereng Gunung Wilis. PLC diharapkan bisa menjadi daya tarik wisata dan meningkatkan perekonomian warga Desa Candimulyo, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun. (*)

Jurnalis: Yupi Apridayani
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Madiun
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Top

search Search