TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Kulit Bebas Keriput dan Awet Muda dengan Konsumsi Makanan Sehat Ini

20/08/2019 - 04:16 | Views: 175.28k
Ilustrasi wajah awet muda.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Seiring bertambahnya usia, kulit akan kehilangan elatstisitasnya. Akibatnya, kulit jadi terlihat keriput dan tua. Meskipun tidak dapat menghentikan penuaan, tetapi Anda bisa menunda datangnya keriput di wajah. Selain dengan olahraga, Anda bisa mencegah penuaan dengan konsumsi makanan sehatt yang dapat membuat Anda tampak awet muda.

Berikut ini berbagai makanan sehat yang bisa Anda konsumsi agar wajah tetap awet muda.

1. Kacang-kacangan

Daripada ngemil makanan lain, cobalah kacang-kacangan seperti kismis, kenari, almond, dan pistachio. Camilan ini mengandung lemak baik dalam takaran yang pas untuk membuat kulit Anda sehat dan meningkatkan kolesterol baik.

2. Teh hijau

Efek anti-inflamasi teh hijau juga membantu penampilan kulit Anda. Minuman ini dapat mencegah kerusakan akibat sinar matahari dan kerutan, karena kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan juga dapat mengatasi peradangan.

3. Ikan

Ikan adalah sumber protein yang rendah lemak dan sehat. Ikan juga kaya akan omega 3 yang membantu mengurangi kolesterol jahat atau LDL dan Vitamin B12, yang membantu meningkatkan fungsi kardiovaskular. Anda bisa mengonsumsi sarden, mackerel, salmon, atau tuna.  Asam lemak tak jenuh dalam tuna dapat membantu meminimalkan keriput.

4. Gandum

Dengan sifat rendah glikemik, gandum dapat menjadi makanan yang tidak membuat lonjakan gula darah seperti beras dan pasta. Seperti yang kita ketahui, makanan tinggi glikemik dapat menyebabkan jerawat dan keriput. Selain itu, gandum juga memiliki bahan kimia tumbuhan alami yang membantu mencegah kerusakan sel-sel kulit dan menenangkan iritasi kulit.

5. Pepaya

Dalam satu buah pepaya terkandung vitamin A, C, K, dan E, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, dan vitamin B. Beragam antioksidan dalam pepaya membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan dapat menunda tanda-tanda penuaan.

Buah berwarna oranye ini juga mengandung enzim yang disebut papain yang dapat memberikan manfaat anti-penuaan tambahan sebagai salah satu agen anti-inflamasi terbaik di alam.

6. Jeruk

Buah satu ini terkenal kaya akan air sehingga mampu melembabkan kulit dan sel-sel Anda dengan baik. Sumber vitamin C di dalam jeruk mampu menghasilkan kolagen yang membuat kulit menjadi kenyal.

7. Bayam

Bayam merupakan salah satu makanan sehat yang mengandung antioksidan yang dapat membantu mengoksidasi dan menghidrasi seluruh tubuh. Dalam satu ikat bayam terkandung sejumlah vitamin A, C, E, dan K, magnesium, lutein, dan besi nabati. Beberapa kandungan ini membuat bayam menjadi salah satu makanan awet muda. (*)

Jurnalis:
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani
Sumber :
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Top

search Search