TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Pendidikan

Disambut Ribuan Mahasiswa UMG, Wagub Jatim Paparkan Wirausaha Era Milenial

20/08/2019 - 15:48 | Views: 14.58k
Wagub Emil Elistianto Dardak bersama Rektor UMG Prof Setyo Budi (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, GRESIK – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak disambut ribuan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG), Selasa (20/8/2019) siang. Wagub Jatim memapaparkan soal trik berwirausaha di era milenial.

Dalam kegiatan bertajuk milenial enterpreneur forum, Wagub Emil mengatakan, di era saat ini memulai wirausaha sangat mudah. Apalagi teknologi informasi serta infrastruktur sudah tersedia dengan baik.

"Kalau dibanding dulu, memulai wirausaha saat ini mudah asalkan ada kemauan. Kita sudah bisa memanfaatkan teknologi informasi terkini untuk bisa memulai usaha," katanya kepada ribuan mahasiswa di Hall Sang Pencerah, UMG.

Dikatakan Emil, selain mempunyai ide bisnis yang mumpuni, sebelum memulai usaha, pemuda harus memiliki data yang akurat.

Data yang dimaksud ialah memaksimalkan riset sebelum eksekusi membuat produk. Dari riset tersebut, kata Emil, akan muncul sebuah data.

"Untuk menentukan harga, Itu harus ada hitung-hitungan matang yakni pasar, baik harga penjualan atau biaya produksi. Bahkan dari riset itu akan muncul pasar yang dituju," ujarnya.

Orang nomor dua di Jatim itu menjelaskan, untuk memulai bisnis, generasi milenial juga harus memahami karakter pembeli atau pasar produk yang dituju.

"Lalu, wirausaha muda juga harus berinovasi. Itu sangat penting. Selain itu juga, ya harus rajin promosi," ungkapnya.

Mengenai acara yang dihelat oleh Universitas Muhammadiyah Gresik, Wagub Emil sangat mengapresiasi serta berharap mahasiswa ke depan bisa mengaplikasikan. "Dengan bisa terjun menjadi wirausaha muda," ujarnya.

Sementara itu, Rektor UMG Prof Setyo Budi berharap, kampus yang ia pimpin bisa menjadi penggerak anak muda dalam wirausaha. "Dan mencetak pengusaha muda di masa yang akan datang, dan ini satu langkah real kami," ungkapnya mendampingi Wagub Jatim, Emil Elistianto Dardak. (*)

Jurnalis: Akmalul Azmi
Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Tuban
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Top

search Search