TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa - Daerah

[CEK FAKTA] Wali Kota Malang Meminta Maaf Cium Kaki Warga Papua

08/09/2019 - 17:20 | Views: 633.02k
Foto: Screenshot

TIMESINDONESIA, MALANG – Sebuah video berjudul Pak Wali Kota Malang Meminta Maaf Kpd Putra Putri Papua  mendadak viral dan menjadi pembicaraan publik di media sosial. 

Video berdurasi 3 menit 11 detik diunggah Rudy Taryanto pada Jumat, 7 September 2019, pukul 9:42 WIB. Video berisi seorang lelaki mengenakan pakaian batik berwarna perpaduan emas dan hitam itu bersalaman, merangkul, dan bersujud di depan sejumlah orang yang berdiri berbaris, dengan iringan lagu Satu Nusa Satu Bangsa. Lelaki itu tampak mencium kaki salah satu orang. Dia pun berusaha mencium kaki semua orang yang disalaminya.  

Hingga Minggu (8/9/2019) pukul 16.30 WIB, video ini telah dilihat lebih dari 400 ribu orang, dikomentari 2.514 orang, disukai 4.856 akun dan 10.349 kali dibagikan di laman facebook. 

CEK FAKTA

Menurut penelurusan tim Cek Fakta, video ini merupakan video yang diambil dalam acara Aliansi Relawan Jokowi (ARJ) yang berlangsung pada 4 September 2019 di Hotel Mega Proklamasi, Jakarta.

Banner acara yang bertuliskan 'Temu Wicara Diskusi Gerakan Nasional Perempuan Pembawa Kerukunan dan Kedamaian', yang ada dalam video tersebut, menunjukkan bahwa acara tersebut tidak dihadiri oleh perwakilan Pemerintah Kota Malang ataupun Wali Kota Malang. 

Pria yang disebut sebagai Wali Kota Malang, yang mengenakan batik kuning hitam, bermotif simbol Garuda Pancasila pun