TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Makanan Manis Memicu Penuaan Dini, Benarkah?

12/09/2019 - 03:14 | Views: 9.11k
Penuaan dini.

TIMESINDONESIA, JAKARTAMakanan manis menjadi favorit banyak orang. Makanan manis seperti cokelat, kue, permen, dan lainnya memang enak. Namun, di balik rasanya yang enak makanan manis mempercepat proses penuaan dini dalam tubuh manusia. Salah satunya adalah masalah penuaan kulit.

Mengonsumsi gula berlebih dapat menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata, membuat kulit lebih kusam, kulit kering dan menyebabkan proses keriput lebih cepat. Hal ini diperparah bila seseorang senang mengonsumsi makanan manis sejak remaja.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti yang berasal dari Leiden University Medical Centre, Belanda, melibatkan sebanyak 600 orang yang berusia antara 50-70 tahun. Pada penelitian ini, semua responden diperiksa kadar gula darahnya dan kemudian mereka difoto satu-persatu.

Dari hasil kadar gula darah dan foto tersebut, diketahui bahwa orang yang memiliki kadar gula yang tinggi cenderung terlihat lebih tua dan mempunyai lebih banyak keriput dibandingkan dengan orang seusianya yang memiliki kadar gula darah yang normal. Hal ini dapat disimpulkan bahwa memang konsumsi gula yang berlebihan dapat mengakibatkan seseorang menua lebih cepat.

Bahkan orang dengan kebiasaan mengonsumsi karbohidrat, yang memang merupakan sumber gula), cenderung memiliki lebih banyak kerutan pada kulit dibandingkan dengan orang yang lebih banyak mengonsumsi protein.

Meski bisa memicu penuaan dini, bukan berarti tidak boleh mengonsumsi makanan manis sama sekali, namun yang perlu diperhatikan adalah jenis makanan manis yang Anda konsumsi. Semua gula atau karbohidrat sederhana sangat buruk untuk kesehatan kulit jika terlalu banyak dikonsumsi. (*)

Jurnalis:
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani
Sumber :
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Top

search Search