TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa - Daerah

Unik, TPS Pilkades Serentak di Banyuwangi Bertema Papua

09/10/2019 - 23:14 | Views: 8.95k
TPS bertema Papua. (Foto : Rizki Alfian/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Satu hal lagi yang unik dari pagelaran Pilkades serentak di Kabupaten Banyuwangi. Kali ini ada sebuah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu yang mengusung tema Negeri Cendrawasih, Papua, Rabu (9/10/2019).

Mulai dari aksesoris, desain TPS, hingga petugas KPPS diwajibkan mengunakan pernak pernik Papua.

Adalah Remaja Kampung Baru (Rekam), penggagas desain TPS adat salah satu suku di Indonesia tersebut. Ide tersebut muncul setelah melihat kondisi Papua, khususnya Wamena yang saat ini mulai hangat.

tps-b.jpg

"Kita pakai aksesoris Papua di sini. Selain sebagai titik pembeda dari TPS lainnya, ini juga sebagai wujud kecintaan kami terhadap Papua," kata Ketua TPS 15, Tut Wuri Indah Handayani, kepada TIMESIndonesia.

Konsep ini, lanjut Indah, muncul pada malam hari sebelum coblosan Pilkades serentak dimulai. Kemudian, rekan yang notabene terdiri dari pemuda dengan kreativitas di atas rata-rata tersebut, mengumpulkan bahan-bahan yang diperlukan.

Edisi-Kamis-10-Oktober-2019-hal-7-pilkadesee8f2aff622f8bbc.jpg

Seperti, kardus bekas, karung goni, patung serta kendil (gentong tanah liat). Selain itu, ada juga daun kelapa kering serta pelepah pohon aren. Dalam sejenak, TPS yang tadinya gudang kosong itu disulap menjadi sebuah tempat yang sangat kental dengan nuansa Papua.

"Kita biasa memakai konsep Seribu Satu Malam. Di mana hari itu digagas, hari itu juga selesai," katanya.

tps-c.jpg

Tak lupa, aksesoris foto lambang negara, presiden dan wakilnya terpasang jelas dalam TPS Pilkades serentak di Desa Jambewangi, Banyuwangi tersebut. Bendera Indonesia, Sang Saka Merah Putih pun juga tak lupa terpajang, sebagai wujud kecintaan Tanah Air dan simbol bahwa Papua juga bagian dari NKRI. (*)

Jurnalis: Rizki Alfian
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Banyuwangi
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Top

search Search