TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Kesehatan

Meski Sederhana, Mengangkat Kaki Memiliki Banyak Manfaat Lho

14/10/2019 - 03:21 | Views: 72.57k
Ilustrasi - Mengangkat kaki dan menempelkannya di dinding bermanfaat mengatasi pegal. (FOTO: helosehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Saat badan terasa tidak enak, kelelahan, atau pegal-pegal, orang tua biasanya menyarankan kita untuk mengangkat kaki ke atas dan menempelkannya pada dinding sembari tiduran selama beberapa saat. Meski sederhana, ternyata cara ini memang bisa memberikan manfaat bagi kesehatan. Dilansir dari Dokter Sehat, berikut manfaat kebiasaan tersebut.

1. Membuat sirkulasi darah meningkat
Tujuan utama dari mengangkat kaki dan menempelkannya pada dinding adalah memperlancar sirkulasi darah. Dengan melakukannya, maka oksigen akan banyak mengalir ke tubuh bagian atas. Hal ini juga akan membuat tekanan darah semakin seimbang sehingga tubuh akan terasa lebih enakan.

2. Mengatasi stress
Posisi mengangkat kaki dengan menempelkannya ke dinding juga akan membuat pikiran menjadi lebih tenang. Jika kita melakukan latihan pernafasan sembari melakukannya, maka kita bisa menurunkan stress dengan signifikan.

3. Menghilangkan rasa sakit pada pinggul, kaki, dan punggung
Gerakan sederhana ini ternyata bisa memberikan efek positif bagi otot-otot betis, paha belakang, kaki, serta punggung. Melakukannya dengan rutin juga akan membuat tubuh menjadi lebih elastis. Selain itu, rasa sakit yang disebabkan oleh pegal-pegal atau ketegangan pada bagian tubuh tersebut akan bisa diredakan dengan efektif.

4. Baik bagi kesehatan pencernaan
Gerakan ini ternyata bisa membantu usus melakukan kontraksi dengan efektif sehingga memperlancar pencernaan. Kerap melakukannya akan mencegah susah buang air besar.

5. Baik dilakukan oleh wanita yang sedang haid
Wanita yang sedang haid kerap mengalami kram perut dan sakit kepala. Dengan rutin melakukan gerakan sederhana ini, maka organ reproduksi akan menjadi lebih kuat dan lebih rileks sehingga rasa sakit yang muncul saat menstruasi bisa diturunkan. Lancarnya sirkulasi darah pada tubuh bagian atas juga akan mengatasi sakit kepala dengan efektif. (*)

Jurnalis:
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur
Sumber :
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Top

search Search