TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Ingin Menurunkan Berat Badan? Hindari Makanan Enak Ini

17/10/2019 - 06:01 | Views: 91.38k
ILUSTRASI. (FOTO: Shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMenurunkan berat badan bukan hal yang mudah dilakukan. Selain dengan olahraga, Anda juga harus memperhatikan makanan yang Anda makan. Ada beberapa jenis makanan enak yang sebaiknya dihindari demi keberhasilan diet. Apa saja?

Dilansir dari Klik Dokter, berikut makanan yang sebaiknya dihindari saat sedang program menurunkan berat badan.

1. Minuman manis

Konsumsi minuman manis, seperti minuman kaleng, jus kemasan, dan minuman bersoda pada umumnya mengandung tinggi gula. Minuman manis ini juga mengandung kalori tinggi tanpa diimbangi dengan nutrisi yang seimbang.

Bukannya memberikan efek sehat, minuman manis justru membawa efek buruk bagi tubuh. Oleh karena itu, perhatikan terlebih dahulu label kandungan gizi pada kemasan minuman manis sebelum dikonsumsi.

2. Es krim

Mengonsumsi satu atau dua sendok es krim sebenarnya tidak ada salahnya. Yang salah adalah jika Anda kalap mengonsumsinya. Es krim merupakan salah satu makanan yang tinggi nilai kalorinya dan bahan bakunya didominasi oleh gula.

Bila Anda ingin tetap menikmati es krim saat menurunkan berat badan, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Misalnya, gunakan yoghurt plain dan potongan buah segar sebagai bahan baku pembuatan es krim.

3. Kentang goreng

Meski hanya sesekali dikonsumsi, makan kentang goreng ternyata mampu menggagalkan program penurunan berat badan Anda. Dalam 100 gram kentang goreng terkandung setidaknya 300 kkal. Untuk membakar kalori sebanyak itu, Anda harus lari sepanjang 7 km selama 1 jam nonstop.

4. Popcorn

Camilan pendamping nonton film ini memang bikin nagih. Popcorn memang sehat untuk dikonsumsi jika tidak ditambahkan apa pun. Namun, beda cerita saat popcorn dicampur mentega (apalag sampai minta ekstra), garam, karamel, atau perasa lainnya.

5. Buah kering

Dilansir dari The Health, buah-buahan kering memiliki banyak tambahan kalori dan gula. Sebagai perbandingan, secangkir kismis mengandung 434 kalori dan 86 gram gula tambahan, sedangkan secangkir anggur hanya mengandung 62 kalori dan 15 gram gula.

Ini artinya, jumlah kalori mengonsumsi tujuh cangkir anggur segar setara dengan 1 cangkir kismis kering.

6. Mi instan

Praktis dan rasanya enak, mi instan adalah salah satu comfort food banyak orang. Meski demikian, Anda harus hati-hati karena mi instan mengandung kalori dan garam yang tinggi. Jangan harap berat badan akan turun kalau Anda masih sering mengonsumsi makanan kemasan ini.

Bila ingin mendapatkan hasil yang memuaskan, patuhi daftar makanan yang harus dihindari saat menurunkan berat badan, seperti yang dijabarkan di atas. Imbangi dengan olahraga teratur, istirahat cukup, serta kelola stres dengan baik agar hasilnya optimal. (*)

Jurnalis:
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : klikdokter.com
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Top

search Search