TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Pendidikan

Unkriswina Sumba dan UK Petra Gelar Seminar Transformasi Pendidikan

24/10/2019 - 16:11 | Views: 94.05k
Tim Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya bersama Unkriswina Sumba NTT foto bersama peserta kegiatan seminar di aula SMA Kristen Payeti. (FOTO:Habibudin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, WAINGAPU – Universitas Kristen Wira Wacana (Unkriwina) Sumba NTT bersama Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya, menggelar seminar nasional pendidikan transformasi di Sumba Timur dengan melibatkan sekolah yang bernaung dibawah Yayasan Pendidikan Mesehi (YAPMAS) dan sekolah negeri.

Kegiatan tersebut mengundang beberapa pembicara dari Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya seperti, Magdalena Pranata, S.Th, M.Si, D.Min, Kartika Bayu Primasanti, S.I.P, MA, ED, dan Dr.Moeljadi Pranata yang dilaksanakan di aula SMA Negeri Kristen Waingapu Kamis (24/10/2019).

Ketua panitia penyelenggara dan Kepala bagian Kerohanian dan konseling Desy A Sitaniapessy, M.Si mengatakan, bahwa dalam rangka pra Dies Natalis ke 22 Unkriswina Sumba, bekerjasama dengan UK Petra Surabaya.

"Kami sebagai Ketua penyeleggara sekaligus bagian kerohanian mengadakan kerjasama dengan UK Petra Surabaya mengundang para guru-guru dilingkup YAPMAS dan sekolah negeri di Waingapu untuk bersama-sama mengikuti seminar transformasi pendidikan di Sumba," terangnya.

Tim-Universitas-Kristen-b.jpg

“Jadi, harapan dari kegiatan ini agar transformasi pendidikan di Sumba Timur ini, diharapkan semakin nyata baik lewat guru maupun penerapan-penerapan kurikulum di sekolah. Sehingga membuat pendidikan di Sumba Timur semakin berkembang dari perspektif kristianinya baik perilaku cara berpikir dan penerapannya,” kata Desy.

Sementara pembicara dari UK Petra Surabaya Magdalena Pranata menjelaskan, melalui transformasi pendidikan, UK Petra siap melayani didaerah-daerah khususnya dimana generasi muda membutuhkan peningkatan kualitas didalam bidang pendidikan khususnya.

“Jadi kami memlilih daerah-daerah yang masih dianggap prestasi lulusan atau profil lulusan dari murid-muridnya itu tidak sebaik didaerah-daerah jawa sehingga kami ke daerah-daerah bagian timur dengan melakukan itu sebagai komitmen dari kampus yang terpanggil untuk memberkati bangsa dan negara Indonesia,” ujarnya.

Menurut Magdalena, sebagai kampus Kristen ingin melakukan kampus yang bergerak dalam dunia pendidikan secara khusus menjalankan program yang disebut pelatihan secara intensif yang kemudian benar-benar bisa ditindaklanjuti oleh daerah.

Salah satu peserta seminar transformasi pendidikan Divrestro Karindjawa mengungkapkan, pentingnya transformasi pendidikan bagi generasi muda sebagai leading sektor pembangunan manusia memiliki peran signifikan dalam menjawab persaingan global serta perubahan kondisi sosial ekonomi masyarakat di SumbaTimur.

“Tentunya dengan adanya Seminar Nasional transformasi pendidikan ini, kami berharap para peserta dapat menerapkan ilmu yang telah disampaikan oleh para pembicara dari UK Petra Surabaya,” harap Kepala Sekolah SMP Kristen Payeti Divresto Karindjawa.(*)

Jurnalis: Moh Habibudin
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Sumba
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Top

search Search