TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Pendidikan

Kuatkan Budaya Indonesia, Sekolah Pascasarjana Unitri Malang Gelar Seminar Nasional

16/11/2019 - 17:41 | Views: 45.80k
Puluhan mahasiswa Unitri Malang yang menampilkan tarian dan pakaian adat. (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, MALANG – Sekolah Pascasarjana Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang (Unitri Malang) menggelar Seminar Nasional tentang kebudayaan dan kebangsaan dengan tujuan menguatkan mahasiswa untuk cinta terhadap budaya Indonesia.

Acara yang dilaksanakan di GOR Unitri Malang, Sabtu (16/11/2019) diikuti sekitar 400 mahasiswa. Terdiri dari mahasiswa Unitri dan kampus lain di Kota Malang baik program S1 maupun S2.

Dekan Sekolah Pascasarjana Unitri, Cakti Indra Gunawan, SE., MM., PhD mengatakan, dengan mengusung semangat kebudayaan dan kebangsaan, mahasiswa diharapkan cinta terhadap budaya Indonesia.

"Kita menyiapkan supaya generasi muda menjadi generasi unggul untuk Indonesia maju," katanya.

mahasiswa-Unitri-Malang-b.jpg

Selain itu, kata Cakti, acara ini juga diharapkan memberikan semangat cinta tanah air dan semangat Pancasila bagi generasi milenial.

"Nantinya, ini akan berdampak positif dalam peningkatan nasionalisme. Unitri menjadi kampus pelopor budaya dan Pancasila Indonesia," tegasnya.

Seminar Nasional menghadiri tiga pemateri di antaranya Penggagas Kelompok Kebangsaan Rien Samudayati, Direktorat Jenderal Imigrasi Jakarta Ahmad Muttaqin dan Dekan Sekolah Pascasarjana Cakti Indra Gunawan yang juga mengupas buku berjudul Strategi SDM Berbasiskan Pancasila.

Acara ini dimeriahkan puluhan tarian adat, mulai dari tarian adat Sumba Barat Daya,  Sumba Barat, Manggarai NTT, tarian adat Dayak dari Sanggau, Melawi dan Landak.

Tak hanya itu, berbagai performance dari mahasiswa asal Malaysia yang menempuh kuliah di Unitri, pun turut menampilkan pertunjukan baju adat Malaysia.

mahasiswa-Unitri-Malang-c.jpg

Hal ini yang menjadi salah satu pemikat peserta. Peserta tampak menikmati dan sontak tepuk tangan serta teriakan apresiasi dari penampilan mahasiswa.

Dengan penampilan tarian adat yang dibawakan oleh mahasiswa Unitri ini, sambung Cakti, Unitri menunjukkan bahwa berkomitmen menjadi Laboratorium Multikultural sebagai wujud nyata Unitri sebagai kampus kerakyatan.

Presiden BEM Unitri, Himpunan Mahasiswa Manajemen dan Himpunan Mahasiswa Akuntansi Unitri Malang mendukung penuh acara seminar nasional ini. Selain mereka, Lembaga Intelektual Solusi Indonesia (LISI) yang digagas oleh kaum intelektual dan alumni Unitri Malang juga ikut memberikan support karya buku Pancasila berjudul Post Reformasi dan Revolusi Pena. (*)

Jurnalis: Mohammad Naufal Ardiansyah
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Malang
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Top

search Search