TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Olahraga

Ribuan Peserta Ikuti Gerak Jalan Napak Tilas Jenderal Soedirman

16/11/2019 - 16:32 | Views: 76.62k
Kepala disbudparpora kota Kediri berangkatkan peserta gerak jalan Kediri bajulan. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, KEDIRI – Pemerintah kota Kediri melalui dinas kebudayaan pariwisata pemuda dan olah raga kota Kediri, menggelar gerak jalan napak tilas Jendral Soedirman, Sabtu (16/11/2019). Ribuan orang peserta tepatnya sebanyak 1.904 orang yang mengikuti gerak jalan napak tilas Jenderal Soedirman atau Kediri Bajulan ini.

Para peserta berangkat dari depan Taman Makam Pahlawan Kota Kediri. Pemberangkatan peserta langsung dilepas oleh Kepala Disbudparpora Kota Kediri, Nur Muhyar.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Kediri Nur Muhyar mengatakan, kegiatan perlombaan ini rutin diselenggarakan setiap tahun. Pada tahun ini, jumlah peserta yang tercatat sebanyak 1.904 orang dari berbagai kategori usia.

gerak-jalan-Kediri-bajulan-b.jpg

Untuk lomba gerak jalan napak tilas Jenderal Soedirman ini akan berakhir di Desa Bajulan Kabupaten Nganjuk, yang diberangkatkan dari Taman Makam Pahlawan Joyoboyo Kediri, melewati rute Jl. Erlangga - Jl. Hayam Wuruk - Jl. Brawijaya - Jembatan Lama - Jl. Soedanco Supriyadi - Jl. Veteran - Jl. Dr. Saharjo - Jl. Rinjani - Dsn. Nglebak Tumpang - Kali Tretes - Kuburan Bayi - Pandan Arum - Watugilang - Karangnongko - Parang - Jati - Goliman - Kali Pandan - Ngrampyang - Patuk Kelis - Ngebrak - Paldaplang - Jurang Gendol - Bendungan - Magersari finish di Bajulan, dengan jarak tempuh 48 kilometer.

Nur Muhyar menjelaskan kegiatan tahunan Pemerintah Kota Kediri ini sebagai pengingat perjuangan Jenderal Soedirman saat melakukan perang gerilya di wilayah Kediri, agar dapat menanamkan rasa nasionalme dan kejuangan bagi para peserta dan masyarakat.

gerak-jalan-Kediri-bajulan-c.jpg

"Untuk mengenang perjuangan tersebut, setiap tahun Pemerintah Kota Kediri menyelenggarakan gerak jalan napak tilas dengan menyedian hadiah berupa uang tunai. Para peserta dibuka dari segala kalangan yang terdiri atas organisasi kepemudaan, karang taruna, pelajar, mahasiswa, Pramuka, santri, masyarakat umum, hingga anggota TNI/Polri," ujarnya.

Masih kata Nur Muhyar, para peserta gerak jalan napak tilas Jenderal Soedirman ditargetkan finish, sekitar pukul 14.00 WIB. Apabila ada peserta yang tercecer di jalan dari batas waktu yang sudah ditentukan, mereka akan dievakuasi oleh panitia untuk dibawa menuju tempat finish.(*)

Jurnalis: Canda Adisurya
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Kediri
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Top

search Search