TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Pemerintahan
Lipsus Akhir Tahun 2019 Probolinggo

Ini Penghargaan Pemkab Probolinggo di Tangan Duet Tantriana dan Timbul

16/11/2019 - 16:49 | Views: 43.26k
Bupati Probolinggo, P. Tantriana Sari saat menerima penghargaan IIGC. (foto: Humas Protokol)

my_location Fokus Berita

Lipsus Akhir Tahun 2019 Probolinggo

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGOPemkab Probolinggo, Jawa Timur, meraih delapan penghargaan antara Januari-Oktober 2019 di bawah kepemimpinan duet P. Tantriana Sari dan Timbul Prihanjoko. Beberapa di antaranya, bukan penghargaan yang pertama.

Dari penelusuran TIMES Indonesia, penghargaan akuntabilitas kinerja dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) RI, diraih Pemkab Probolinggo tiga kali berturut-turut.

Masing-masing tahun 2016, 2017 dan tahun 2018. Penghargaan SAKIP Award tahun 2018, diterima Wakil Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko di Golden Tulip Galaxy Hotel Kota Banjarmasin, Februari 2019. 

Kemudian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) dari BPK juga bukan yang pertama, tapi keenam secara beruntun. Opini WTP rutin diterima Pemkab Probolinggo sejak 2013. 

Apa saja delapan penghargaan yang diterima sepanjang 2019 tersebut? Berikut rinciannya:

[Januari]
Penghargaan Adipura untuk Kategori Kota Kecil. Penghargaan diserahkan oleh Wakil Presiden RI pada Acara Penganugerahan Adipura dan Green Leadership Kepala Daerah dan Pimpinan DPRD di Auditorium dr Soejarwo Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Jakarta, 14 Januari.

[Februari]
Penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP Award) Tahun 2018 Kategori BB dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) RI. 

Penghargaan diterima Wakil Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Komjen (Pol) Syafrudin di Golden Tulip Galaxy Hotel Kota Banjarmasin, Rabu, 6 Februari.

Bagi pemkab, ini merupakan yang ketiga berturut-turut. Dalam laman https://protokol.probolinggokab.go.id/index.php/penghargaan/2019-2023/, tahun 2016 dan 2017 pemkab juga meraih penghargaan ini. Namun di tahun 2016 kategori B.

[Mei]
Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Pemeriksaan LKPD tahun 2018 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Diserahkan Kepala BPK-RI Perwakilan Jawa Timur Heri Purwaka kepada Bupati Probolinggo, Tantriana Sari, dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Musayyib Nahrawi di auditorium Kantor BPK RI Perwakilan Jawa Timur di Sidoarjo, 14 Mei.

Ini merupakan WTP keenam yang diraih secara beruntun. Yaitu tahun 2017, 2016, 2015, 2014, dan tahun 2013.

[Juli]
Penghargaan Kabupaten/ Kota Layak Anak Tahun 2019 Kategori Pratama. Diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Yohana Yambise di Lapangan Karabosi – Makassar, 23 Juli

[September]
Penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) Tahun 2019 dari Kementerian Perhubungan RI atas komitmen Pemerintah Kabupaten Probolinggo dalam menata transportasi dan fasilitas publik di daerah perkotaan dengan baik. Diserahkan oleh perwakilan Deputi Kementerian Koordinator Kemaritiman RI di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta, 15 September.

[September]
Penghargaan sebagai Pembina Tagana Berprestasi dari Kementerian Sosial RI. Diserahkan oleh Gubernur Jawa Timur didampingi Dirjen Linjamsos Kementerian Sosial Republik Indonesia dalam Acara Jambore Tagana Nasional Tahun 2019 di Lautan Pasir Bromo, 28 September.

[Oktober]
Penghargaan dari Kementerian Keuangan RI atas Keberhasilan Pemerintah Kabupaten Probolinggo Menyusun dan Menyajikan Laporan Keuangan Tahun 2018 dengan Opini WTP. Diserahkan oleh Wakil Menteri Keuangan Republik Indonesia di Gedung Negara Grahadi Surabaya, 2 Oktober

[Oktober]
Pemkab Probolinggo meraih penghargaan Anugerah Pandu Negeri 2019, kategori Silver dari Indonesian Institute For Public Governance (IIGC). Penghargaan diserahkan ketua IIGC Sigit Pramono kepada Bupati Probolinggo, Tantriana Sari, 25 Oktober ) di Aula Hotel Bidakara Grand Pancoran, Jakarta. 

Penghargaan diterima karena Pemkab Probolinggo dinilai berhasil membangun tata kelola dan budaya Pemerintahan Daerah yang bersih. (adv)

Jurnalis: Muhammad Iqbal
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Probolinggo
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Top

search Search