TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Pendidikan

Hadapi Bonus Demografi, LP Maarif NU Kabupaten Malang Gelar Diklat Kepala Madrasah

16/11/2019 - 18:19 | Views: 50.53k
Ketua LP Maarif NU Kabupaten Malang, Dr Hasan Abadi MAP saat berfoto bersama peserta Diklat Kepala Madrasah. (Foto : Hasan Abadi for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Sebanyak 360 Kepala Madrasah se Kabupaten Malang mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) yang digelar LP Maarif NU Kabupaten Malang.

Diklat yang diselenggarakan di dua tempat ini yakni di Aula MTsN Gondanglegi dan di Auditorium YP Al Maarif Singosari mulai 11-16 November 2019.

"Diklat tersebut diselenggarakan bekerjasama antara Balai Diklat Keagamaan Jawa Timur dan PW LP Maarif Jawa Timur, sebanyak sembilan angkatan dengan dua gelombang," ujar Ketua LP Maarif Kabupaten Malang, Dr Hasan Abadi MAp kepada TIMES Indonesia, Sabtu (16/11/2019).

Dia menjelaskan, pada dasarnya diklat ini juga untuk memenuhi kelengkapan yang harus dimiliki oleh kepala Madrasah di Kabupaten Malang, dalam hal ini sertifikat kepala Madrasah.

'Hanya kepala madrasah yang sudah lulus diklat substantif kepala madrasah dan memiliki sertifikat, berhak menjadi kepala madrasah profesional," ungkapnya.

Menurutnya, Diklat ini bertujuan supaya sumberdaya di lingkungan Maarif semakin kuat, maka kepala Madrasahnya harus terus menerus dikembangkan penguatan SDMnya.

"Kepala Madrasah merupakan garda depan kemajuan madrasah. Maka dari itu, kepala madrasah harus adaptif dan inovatif dalam mengembangkan madrasahnya, sadar akan pentingnya sains dan teknologi, dengan tetap menguatkan karakter Islam ahlussunnah waljamaah annahdlyiyyah sebagai fundamennya," bebernya.

Menurut Rektor Unira Malang tersebut, hal ini sesuai dengan kaidah fiqih yang populer di lingkungan NU. Selain itu juga mempertahankan nilai dan tradisi yang baik, dan mengambil nilai dan tradisi yang lebih inovatif.

"Menghadapi bonus demografi di Indonesia, termasuk juga di Kabupaten Malang yang akan mulai dirasakan tahun 2025, maka Kepala Madrasah harus meningkatkan kualitasnya," terang pria ramah ini.

Dia berharap melalui Diklat yang diselenggarakan LP Maarif NU Kabupaten Malang, maka ke depan kualitas Kepala Madrasah akan terus meningkat, juga aekali mengikuti perkembangan zaman yang semakin modern.(*)

Jurnalis: Binar Gumilang
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Malang
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Top

search Search