TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Bertabur Musisi Papan Atas, Bank Jatim Spektakonser Kembalikan Kejayaan Candra Wilwatikta

16/11/2019 - 19:01 | Views: 49.13k
Artis pendukung Bank Jatim Spektakonser berpose bersama Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono dan PJS Dirut Bank Jatim Ferdian Timur usai menggelar konferensi pers di Hotel Bumi Surabaya, Sabtu (16/11/2019).(Foto : Istimewa)

TIMESINDONESIA, SURABAYABank Jatim mempersembahkan konser musik dan budaya bertajuk Spektakonser di Taman Budaya Candra Wilwatikta, Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur, mulai 16-17 November 2019.

Pagelaran akbar ini akan menampilkan sederet musisi papan atas nasional. Seperti Slank, Jamrud, Indra Lesmana, Dewa Budjana, Syaharani and Queen Fireworks, Elpamas, Dewa Budjana 'Mahandini' feat Soimah, Idang Rasjidi Syndicate, Shandy Sondoro, Ludruk Kartolo cs dan Ludruk Kirun.

Sebagai bocoran, Syahrini akan membawakan lagu dari album barunya. Ia juga akan featuring dengan Sekdaprov.

Sedangkan Slank secara perdana menampilkan lagu berjudul Bercinta di Surga. Lagu ini adalah salah satu judul di album terbaru mereka yang ke-23.

"Slank baru saja merilis album ke-23 dan akan membawakan lagu berjudul Bercinta di Surga," kata Ivan Slank.

Ivan juga mengapresiasi pagelaran Bank Jatim Spektrakonser di Candra Wilwatikta dengan konsep festival seni musik lintas genre di alam terbuka.

"Kami melihat tempatnya sangat luar biasa spektakuler seperti di luar negeri. Tempatnya sangat bagus untuk mengapresiasi seni lintas generasi," kata Ivan.

PJS Dirut Bank Jatim, Ferdian Timur Satriya Nugraha mengungkapkan acara ini sebagai bagian dari melestarikan budaya. 

"Harapannya semua bisa hadir di Wilwatikta dalam sebuah event besar di Jawa Timur," kata Ferdian di Hotel Bumi Surabaya, Sabtu (16/11/2019).

Bank Jatim Wilwatikta Spektakonser digelar selama dua hari. Menyuguhkan pesona musik dan edukasi budaya berupa pertunjukan tari kolosal. Tak ketinggalan, story telling tentang hikayat kejayaan Majapahit untuk membangkitkan semangat pembangunan Jatim.

Di mana kegiatan ini juga masih dalam momentum HUT Provinsi Jawa Timur ke-74, dengan slogan CETTAR untuk mewujudkan Nawa Bhakti Satya bagi masyarakat Jawa Timur.

"Tentu Bank Jatim juga akan mensupport pembangunan-pembangunan di Jatim," tandasnya.

Sekdaprov Jatim, Heru Tjahjono sedikit bercerita tentang sejarah awal Candra Wilwatikta sebagai sebuah tempat pagelaran Sendra Tari Ramayana dan menjadi destinasi pariwisata pada masa lampau. Namun, fungsi tersebut makin terkikis oleh perkembangan zaman.

"Kami ingin mencoba mengembalikan budaya Candra Wilwatikta dengan kondisi sekarang melalui kolaborasi seni musik yang menarik millenial muda," kata Sekdaprov.

Spektrakonser mengkolaborasikan hampir seluruh budaya Jatim dan mengembalikan fungsi Candra Wilwatikta sebagai salah satu pusat pengembangan budaya.

Event pertama yang digagas oleh Pemprov Jatim tersebut, rencananya akan menjadi agenda tahunan. "Harapan saya, Jatim akan menjadi salah satu point of interest di dunia internasional," sambung Heru.

Gagah Wibowo, dari JW Entertaintment selaku promotor dalam event ini mengatakan bahwa dipilihnya Taman Candra Wilwatikta bukan tanpa alasan. Selain lokasi yang eksotis, karena berlatar belakang Gunung Penanggungan juga dimaksudkan untuk mempromosikan taman budaya ini sebagai destinasi wisata di Jawa Timur, khususnya Pandaan.

JW Entertaintment selaku promotor bekerjasama dengan Bank Jatim dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur menegaskan tidak akan main-main dengan event yang rencananya bakal dijadikan agenda tahunan ini. "Tidak hanya berisi kegiatan hiburan, namun juga sarat akan pesan sejarah dan aktifitas yang mendorong laju pertumbuhan usaha mikro di Jawa timur," katanya.

Tak terbatas hanya di live music saja, kreativitas dalam bidang seni juga akan muncul dalam kesenian ludruk khas Jawa Timur dari Kartolo dan Kirun CS.

Adapun untuk makanan dan minuman, peserta bisa membeli langsung dari stand-stand yang berada di lokasi, di mana sebagian besar adalah hasil olahan dari usaha mikro masyarakat Jawa Timur sendiri.

Tiket Bank Jatim Spektakonser yang digelar di Candra Wilwatikta ini  dapat diperoleh secara online di Traveloka.(*)

Jurnalis: Lely Yuana
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Surabaya
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Top

search Search