TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa - Daerah

SD Baitul Mukmin Rayakan Maulid Nabi

16/11/2019 - 23:33 | Views: 66.47k
Kemeriahan perayaan Maulid Nabi di Halaman SDI Baitul Mukmin Surabaya, Sabtu (16/11/2019). (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Sekolah Dasar Islam Baitul Mukmin (SDI Baitul Mukmin) sebagai lembaga pendidikan di bawah naungan LP Ma'arif NU Kota Surabaya, menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Sabtu (16/11/2019). Acara ini diikuti oleh guru bersama seluruh siswa dan wali murid. 

Kepala SDI Baitul Mukmin, Lila Mufidah, S.Pd.I mengatakan, kegiatan tersebut rutin dilakukan setiap tahun agar siswa selalu mengingat bagaimana sifat-sifat terpuji dari nabi besar umat Islam, Rasulullah SAW.

SDI-Baitul-Mukmin-2.jpg

Dalam peringatan Maulid kali ini, panitia menampilkan hasil kreasi siswa-siswi SDI Baitul Mukmin yakni penampilan Musik Samroh dan Hadrah Albanjari yang dibina oleh pihak sekolah untuk mengembangkan bakat dan minat siswa didik SD Islam Baitul Mukmin.

Lebih lanjut disampaikan bahwa dalam memperingati Maulid Nabi ini, untuk meneladani kehidupan, ajaran-ajaran, dan seluruh konsepsi agama yang dibawanya, selain itu peringatan maulid Nabi Muhammad ini sebagai ungkapan rasa gembira dan syukur atas lahirnya Nabi Agung Muhammad. 

SDI-Baitul-Mukmin-3.jpg

Selanjutnya adalah untuk menjalankan petunjuk-petunjuk dari kitab suci yang diturunkan Allah SWT kepadanya.

“Inti sifat yang harus diteladani dari sifat Nabi Muhammad SAW adalah ada empat, yaitu shiddiq, amanah, fathonah, dan tabligh. Shiddiq artinya benar atau jujur, amanah artinya bisa dipercaya, fathonah artinya cerdas, dan tabligh artinya menyeru kepada kebaikan,” katanya.

SDI-Baitul-Mukmin-4.jpg

Ia mengatakan, sekolah mengumpulkan siswa-siswi mulai dari kelas I hingga kelas VI untuk mendengarkan ceramah yang disampaikan oleh KH Abd. Tawwab Hadlory selaku Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Baitul Mukmin dan Ketua Forum Komunikasi Kiai Kampung Nusantara (FKKNU).

Dalam ceramah Maulid Nabi itu, beliau menekankan agar selepas keluar dari SDI Baitul Mukmin para siswa-siswi mempunyai karakter berakhlakul karimah sesuai dengan ajaran-ajaran yang dibawakan nabi. (*)

Jurnalis: Lely Yuana
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Surabaya
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Top

search Search