TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa - Daerah

PT BSI Gelar SD Sadar Bencana, Bermain Sekaligus Belajar Tanggap Bencana

17/11/2019 - 08:07 | Views: 45.90k
Puluhan siswa SDN 4 dan SDN 8 Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, saat mengikuti program SD Sadar Bencana yang digelar PT Bumi Suksesindo (PT BSI), Universitas Negeri Jember (Unej) dan Koordinator Wilayah Kerja Satuan Pendidikan (Korwilkersatd

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Puluhan siswa SDN 4 dan SDN 8 Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, tampak menjinjing tas masing-masing. Mereka berlarian dijalur evakuasi menuju lokasi aman.

Ya, begitulah suasana simulasi tanggap bencana Sekolah Dasar (SD) Sadar Bencana yang digelar PT Bumi Suksesindo (PT BSI), Universitas Negeri Jember (Unej) dan Koordinator Wilayah Kerja Satuan Pendidikan (Korwilkersatdik) Kecamatan Pesanggaran.

Dalam kegiatan ini, para siswa diajarkan bagaimana langkah-langkah penyelamatan ketika ada bencana. Karena sasarannya anak-anak, materi yang diberikan pun dikemas lebih menarik. Dalam bentuk permainan dan dengan bahasa lugas khas bocah.

SDN-4-dan-SDN-8-Sumberagung-v2.jpg

“Dalam kegiatan ini, para siswa diperkenalkan dengan materi apa itu bencana, bagaimana kita melakukan simulasi, dan ada edu-game,” kata Zetti Finali, salah satu mentor dari PGSD FKIP Unej, Minggu (17/11/2019).

Pengembangan SD Sadar Bencana ini merupakan sebuah program yang menyasar anak-anak tingkat dasar. Tujuannya agar memiliki kecakapan dalam merespon bencana melalui pengorganisasian dan langkah tepat guna dan berdaya guna.

Dijelaskan, selain para siswa pelatihan juga diberikan pada Kepala Sekolah (Kepsek) dan guru selaku pembina di masing-masing sekolah.

“Pelatihan untuk para guru telah kami laksanakan dua minggu yang lalu,” ungkapnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepsek SDN 4 Sumberagung, Suratno, mengaku sangat mengapresiasi program SD Sadar Bencana. Menurutnya, siap siaga bencana cukup penting bagi pelajar, guru dan masyarakat sekitar. Mengingat lokasi sekolah memang berada dibibir pantai dan berdekatan dengan lempeng Asia-Australia.

“Agar pemahaman makin meluas, dalam pertemuan wali murid nanti akan kami sampaikan. Terutama bagaimana langkah antisipasi gempa saat di rumah,” katanya tentang program SD Sadar Bencana yang digelar PT Bumi Suksesindo (PT BSI), Universitas Negeri Jember (Unej) dan Koordinator Wilayah Kerja Satuan Pendidikan (Korwilkersatdik) Kecamatan Pesanggaran. (*)

 

Jurnalis: Syamsul Arifin
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Banyuwangi
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Top

search Search