TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Kesehatan

Tak Kalah dengan Ikan Laut, Ini Ragam Manfaat Ikan Air Tawar

23/11/2019 - 03:56 | Views: 28.93k
Ilustrasi Ikan Tawar. (FOTO: trubus/Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sama halnya dengan ikan laut,  makan ikan air tawar juga baik untuk kesehatan tubuh. Mujair, lele, gurame, mas, nila, dan bawal menjadi sebagian jenis ikan yang populer. Ikan umumnya memiliki karakteristik tulang yang lebih kecil dibandingkan ikan air laut.

Kandungan gizi pada ikan ini sangat tinggi. Ikan mengandung protein hampir sebanyak 30 persen asupan harian yang dianjurkan untuk orang dewasa. Ikan ini juga rendah lemak dan mengandung asam lemak omega-3, meski tak setinggi ikan air laut.

Dilansir dari CNN Indonesia, berikut ini manfaat makan ikan air tawar untuk tubuh.

1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Mengonsumsi ikan air tawar baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Sejumlah penelitian menunjukkan, ikan jenis ini dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Kandungan lemak yang rendah, tinggi protein, dan asam lemak omega-3 pada ikan baik untuk kesehatan jantung.

2. Kesehatan otak

Ikan ini juga menjaga kesehatan otak. Fungsi otak manusia menurun seiring bertambahnya usia. Konsumsi ikan dapat menghambat penurunan fungsi otak, terutama bagian emosi dan memori.

3. Mengatasi depresi

Rutin makan ikan jenis ini juga dapat mengurangi stres dan depresi. Kandungan omega-3 di dalam ikan dapat berperan sebagai antidepresan.

4. Meningkatkan kualitas tidur

Ikan merupakan salah satu makanan yang dapat memicu pembentukan vitamin D. Vitamin ini dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan juga fungsi tubuh terkait vitamin D.

5. Mengurangi risiko penyakit autoimun

Nutrisi dalam ikan air tawar dapat membantu untuk mengurangi risiko terkena penyakit autoimun seperti diabetes tipe 1, artritis reumatoid, dan sklerosis multipel.

Manfaat makan ikan air tawar untuk kesehatan tubuh ini bisa didapatkan dengan rutin mengonsumsinya. Orang dewasa disarankan makan dua porsi ikan setiap minggunya. (*)

Jurnalis:
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber :
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Top

search Search