TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Pendidikan

SMP di Bondowoso Manfaatkan Gadget dalam Proses Belajar Mengajar

06/12/2019 - 21:38 | Views: 28.11k
Kasi Kurikulum Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bondowoso, Maruan. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Kemajuan teknologi informasi, sudah menjadi kebutuhan di segala lini kehidupan, termasuk di dunia pendidikan. Hal ini terbukti, sekolah SMP sederajat di Kabupaten Bondowoso Jawa Timur, sudah mulai menggunakan gadget, untuk kepentingan proses belajar-mengajar.

Menurut Kasi Kurikulum Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bondowoso, Maruan, di era serba digital pemakaian gadget tidak bisa dihindari. Termasuk dalam pembelajaran di sekolah.

"Untuk SMP baru dimulai. Jadi siswa diperbolehkan membawa smartphone," terangnya, saat dikonfirmasi, Jumat (6/12/2019).

Dia memaparkan, di Bondowoso ada dua SMP yang mulai menggunakan smartphone sebagai bantuan belajar siswa.

"Yang mulai baru dua sekolah. Penggunaannya satu jam. Penggunaannya bisa ulangan dan materi ujian nasional," ungkapnya.

Dua sekolah dimaksud, yakni SMP 1 Bondowoso dan SMP 2 Bondowoso. Namun waktu penggunaannya hanya diberikan selama 1 jam. “Untuk materi pembelajarannya di antaranya penilaian ulangan dan materi ujian nasional,” sambungnya.

Sementara kata dia, untuk pengadaan smartphone oleh sekolah, masih ditangguhkan kepada wali murid. Namun ke depan akan diproyeksikan, agar ditanggung sekolah masing-masing lewat dana BOS Kinerja.

Dijelaskannya juga, bahwa di era digital, guru tidak selalu menjadi sumber informasi. Saat ini siswa dapat mengakses informasi melalui internet.

Namun, jelas dia, hal itu tidak kemudian menghilangkan peran guru itu sendiri. Semua aktivitas siswa tetap harus dalam pengawasan guru.

"Ke depan sumber informasi tidak seterusnya tergantung pada guru. Artinya sumber informasi bisa diambil dari perkembangan IT (gadget). Namun peran guru tudak bisa lepas dalam rangka menananmkan nilai karakter," imbau Kasi Kurikulum Pendidikan Dasar Dikbud Bondowoso ini.(*)

Jurnalis: Moh Bahri
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Bondowoso
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Top

search Search