TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ketahanan Informasi

Kepala BNN Kabupaten Kediri Beberkan Strategi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba pada Kader PKK

11/12/2019 - 14:12 | Views: 16.51k
AKBP Dewi Sosialisasikan P4GN pada ratusan PKK Kabupaten kediri

TIMESINDONESIA, KEDIRI – Badan Narkotika Nasional atau BNN Kabupaten Kediri berikan sosialisasi P4GN Pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba dalam kegiatan rutin PKK di pendopo Kabupaten Kediri, Rabu (11/12).

Kegiatan yang dihadiri oleh ratusan PKK dari berbagai kecamatan di kabupaten Kediri ini bertema rapat koordinasi dan Sosialisasi TP. PKK Kabupaten Kediri tersebut dimanfaatkan BNN Kabupaten Kediri untuk memberikan penyuluhan terkait bahaya narkoba kepada ibu-ibu PKK di Kabupaten Kediri. 

Kepala BNN Kabupaten Kediri AKBP Lilik Dewi Indarwati, AmK. SH. MM menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut. Ia tidak hanya memberikan edukasi terkait jenis dan dampak penyalahgunaan narkoba tapi juga memaparkan semua fungsi di BNN melingkupi fungsi pencegahan yakni seksi P2M (Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat), fungsi Rehabilitasi dan fungsi pemberantasan. 

BNN-Kabupaten-Kediri-b.jpg

"BNN selain mempunyai tugas untuk mencegah dan memberantas narkoba juga mempunyai tugas rehabilitasi," kata Dewi.

"Bahkan orang tua seperti ibu-ibu ini juga mempunyai kewajiban harus melapor kalau anaknya misalkan menjadi pecandu narkoba atau misalkan dengan sengaja tidak melapor ke BNN apabila mungkin anaknya adalah pecandu narkoba dapat dikenakan pasal dalam UU narkotika pasal 128," imbuhnya.

Orang tua atau wali dari pecandu narkoba yang sengaja tidak melapor dapat dikenakan pidana kurungan sampai 6 bulan kurungan. 

Pengguna narkoba lebih baik direhabilitasi daripada dipenjara seperti yang dipaparkan oleh AKBP Dewi bahwa rehabilitasi di BNN Kabupaten Kediri adalah gratis tanpa dipungut biaya.

" Jadi Jika saudara ataupun tetangga ada yang ingin sembuh dari pecandu narkotika langsung saja datang ke kantor kami BNN Kabupaten Kediri gratis," tegas Dewi.

BNN-Kabupaten-Kediri-c.jpg

Kepala BNN Kabupaten Kediri tersebut juga menjelaskan jika orang tua mempunyai andil yang sangat besar terhadap apa yang dilakukan anak-anak nya. 

"Orang tua harus tahu dengan siapa anaknya berteman, apa saja yang dilakukan anak, karena salah satu faktor anak masuk dunia narkoba karena kurangnya komunikasi yang baik antara orang tua dan anak," jelasnya.

"Dengarkan keluh kesah anak dan berikan kasih sayang yang tulus pada anak agar anak tidak lari ke hal-hal negatif," tegas Dewi.

AKBP Dewi juga menegaskan jika PKK Kabupaten kediri adalah salah satu mitra BNN dalam memerangi narkoba, PKK bisa menjadi kepanjangan tangan BNN dalam mengatasi permasalahan narkoba dengan memberikan upaya pencegahan khususnya dalam lingkup paling penting yakni dalam keluarga.

Apabila masyarakat mengetahui melihat dan mendengar ada penyalahgunaan narkoba segera hubungi kami di call center BNN Kabupaten Kediri 0354-7415444 atau 082247566333.(*)

Penulis:
Editor : AJP-4 Editor Team
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber :
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Top

search Search