TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Kesehatan

Kenali Gejala Kanker Ginjal Seperti yang Dialami Vidi Aldiano

14/12/2019 - 06:15 | Views: 49.61k
Penyanyi Vidi Aldiano. (FOTO: @vidialdiano/Instagram)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Penyanyi Vidi Aldiano, dalam video yang diunggah dalam instagramnya mengatakan kalau dirinya mengidap kanker ginjal. Dalam video tersebut, Vidi juga memohon doa untuk kelancaran operasi kanker ginjal pada Jumat (13/12/2019) di sebuah rumah sakit di Singapura.

Kanker ginjal adalah jenis kanker yang awalnya muncul di ginjal. Penyebab kanker ginjal belum diketahui secara pasti hingga kini. Namun, dokter mendeteksi bahwa kanker dimulai ketika DNA dalam sel-sel ginjal bermutasi. Mutasi ini menyebabkan sel ginjal tumbuh abnormal dan tidak terkendali. Akumulasi sel tersebut akhirnya membentuk tumor yang dapat menyebar ke seluruh organ ginjal atau bagian tubuh lainnya.

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker ginjal. Selain gaya hidup tidak sehat seperri merokok, berikut ini faktor pemicu kanker ginjal.

- Hipertensi
- Obesitas
- Memiliki anggota keluarga penderita kanker ginjal
- Efek samping cuci darah jangka panjang
- Bekerja di lingkungan yang mengakibatkan terpapar zat tertentu, seperti kadmium.

Apa saja tanda-tanda dan gejala kanker ginjal?

Gejala awal penyakit kanker ginjal mungkin saja tidak terdeteksi. Namun, seiring dengan berkembangnya tumor, gejala mungkin dapat dideteksi dari kondisi berikut.
- Kencing berdarah
- Pembengkakan di area sekitar ginjal
- Lemah, lesu, dan tidak bertenaga
- Nafsu makan menurun
- Berat badan menurun drastis
- Demam
- Sakit perut

Melalui pemeriksaan lanjutan, dokter mungkin dapat menyimpulkan apakah gejala yang pasien alami merupakan gejala kanker ginjal atau bukan. Jika pasien terdiagnosis kanker ginjal, dokter akan menentukan stadium kanker ginjal dan bisa menentukan langkah penanganan yang tepat. (*)

Jurnalis:
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber :
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Top

search Search