TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa - Daerah

Bendungan Sampean Baru Bawa Berkah, Lahan Mencari Pendapatan Tambahan

18/01/2020 - 23:14 | Views: 20.56k
Tampak pencari ikan melempar jala, untuk mendapatkan ikan di anak bendungan Sampean Baru (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Selain berfungsi sebagai penahan laju air saat musim hujan. Ternyata Bendungan Sampean Baru, di Desa Bunotan, Kecamatan Tapen, Kabupaten Bondowoso Jawa Timur, membawa berkah bagi warga sekitar.

Pasalnya, di bendungan yang diresmikan pada tahun 1984 tersebut, warga bisa menangkap banyak ikan. Otomatis, hal itu bisa menjadi mata pencaharian tambahan, bagi mereka.

Pantauan di lokasi, tampak beberapa warga mencari ikan menggunakan jala, di bagian anak aliran bendungan.

Koordinator Perwakilan UPT Bondowoso, yang bertugas di daerah tersebut, Sumaryono mengatakan, banyak warga di sekitar Bendungan yang mencari ikan di sana.

“Warga Jatian sini yang cari ikan, mata pencahariannya orang Jatian," paparnya saat dikonfirmasi.

Dijelaskannya, warga tak perlu membawa alat yang canggih, karena dengan jala, mereka bisa mendapatkan banyak ikan.

“Mereka berkelompok. Biasanya para nelayan berangkat sekitar pukul 02:00 dini hari sampai pukul 06.00 pagi. Waktu malam mulai dari setelah magrib sampai pukul 21.00 malam,” katanya.

Menurutnya, dibutuhkan sekitar 3 jam. Agar warga bisa membawa hasil tangkapan ikan.  Ikan yang ditangkap tawes dan nila.

“Biasanya menghasilkan 2 sampai 3 kilogram untuk bisa dijual pada penduduk sekitar, dengan harga kisaran Rp 20 ribu per kilogramnya,” sambungnya.

Sementara itu, salah seorang pencari ikan, Hartono menjelaskan, bahwa aktivitas itu sudah digelutinya sejak tahun 2005 lalu.

“Selain menjadi nelayan, saya juga bekerja sebagai montir di bengkel daerah rumah, di Dusun Kapen Desa Bunutan,” katanya.

Bapak dari dua anak ini menjelaskan, bahwa nelayan akan banyak turun, kalau sudah banjir. Sebab, ikan banyak di sini. “Sehingga tangkapan di Bendungan Sampean Baru, akan banyak hasilnya,” ucapnya. (*)

Jurnalis: Moh Bahri
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Bondowoso
Copyright © 2020 TIMES Indonesia
Top

search Search