TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa - Daerah

Gusdurian Jombang Ajak Masyarakat Tetap Aplikasikan Pemikiran Gus Dur

19/01/2020 - 09:12 | Views: 16.09k
Gusdurian saat melaksanakan agenda Haul ke-10 Gus Dur di halaman Gereja GKJW Jombang, pada Sabtu (18/1/2020) malam. (FOTO: Anggit untuk TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Meski Abdurrahman Wahid atau Gus Dur sudah 10 tahun yang lalu wafat, namun pikiran dan nilai-nilai keutamaan dalam persoalan hidup beragama dan berbangsa terus menjadi hal yang tak pernah mati.

Bagi jaringan Gusdurian Jombang sendiri, setidaknya ada 9 nilai keutamaan dalam diri Presiden RI ke-4 tersebut. Antara lain yakni nilai ketauhidan, kemanusiaan, keadilan, kesetaraan, pembebasan, kesederhanaan, persaudaraan, keksatriaan, serta kearifan lokal.

Dimana, hal itu disampaikan oleh Ketua Pelaksana Haul Gus Dur ke 10, Rif’an Fauzi di halaman Gereja GKJW Jombang, pada Sabtu (18/1/2020) malam.

Gus-Dur-2.jpg

Yang mana, kata Rif'an, jika 9 nilai keutamaan Gu Dur tersebut terus diaplikasikan oleh masyarakat Indonesia, maka kebersamaan dan kesadaran toleransi ditengah perbedaan bernegara, akan terus terjaga.

"Terlebih melihat kasus yang sering terjadi di Indonesia yang berkaitan dengan sara, bahkan Agama," ujarnya.

Kegiatan Haul ke-10 Gus Dur oleh Gusdurian Jombang ini, dihadiri puluhan peserta dari berbagai kalangan. Dari berbagai organisasi lintas agama, organisasi mahasiswa serta para pengagum dan penggiat pemikiran Gus Dur. Mereka juga menyalakan lilin untuk sama-sama mengenang dan mendoakan tokoh bangsa tersebut. (*)

Edisi-Minggu-19-Januari-2020-jombang.jpg

Jurnalis: Moh Ramli (MG-198)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jombang
Copyright © 2020 TIMES Indonesia
Top

search Search