TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Pendidikan

Kerjasama dengan Pemkab, UNY Bangun Kampus Baru di Gunungkidul

22/01/2020 - 09:34 | Views: 28.79k
Rektor UNY, Sutrisna Wibawa (tengah).

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Rencana pembangunan gedung baru Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) di Kecamatan Semanu Kabupaten Gunungkidul semakin mendekati realisasi. Dengan dibangunnya perguruan tinggi negeri itu diharapkan nantinya warga mengakses pendidikan dan berdampak untuk menghidupkan roda perekonomian di sekitar lokasi kampus.

Demikian diungkapkan oleh Pemkab Gunungkidul yang diwakili oleh Asisten Perekonomian Anik Indrawati dalam acara Sosialisasi pembangunan gedung kampus UNY di balai desa Pacarejo, Semanu Gunung Kidul, Selasa (21/1/2020).

Ditambahkan pula bahwa Pendirian kampus UNY di Gunungkidul seluas 4,8 Ha merupakan sebuah bentuk kerjasama antara Pemkab dengan UNY, dengan ditanda tangani  Naskah Perjanjian Hibah Daerah tentang hibah tanah milik Pemerintah Kabupaten Gunungkidul kepada UNY pada tanggal 2 Oktober 2019 di Rumah Dinas Bupati Gunungkidul.

"Kehadiran kampus UNY di Gunungkidul akan memberikan multiplayer efek bagi perekonomian dan SDM di Gunungkidul," ujarnya.

Rektor UNY, Sutrisna Wibawa berharap, tahun 2020 juga sudah ada pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru untuk kampus di Gunungkidul. Olehkarena itu, UNY berharap jajaran Pemerintah Kabupaten Gunungkidul dapat memperlancar proses perijinan untuk proses pembangunan.

"Kegiatan kerja sama ini merupakan wujud komitmen UNY dalam peningkatan pendidikan di Indonesia, terlebih lagi di daerah sekitar UNY yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta, khususnya Kabupaten Gunungkidul. Program Studi di Luar Kampus Utama UNY di Gunungkidul diharapkan dapat memberikan kemudahan untuk masyarakat Gunungkidul untuk mengakses pendidikan tinggi," ujar Sutrisna Wibowo.

Proses pengerjaan sarana fisik yang berkaitan dengan pergedungan akan dilakukan dengan melibatkan sejumlah instansi dari UNY maupun Pemkab Gunungkidul.

Sedangkan lokasinya berada di kawasan Desa Pacarejo yakni pintu masuk dari sebelah timur sekitar wisata Watu Giring ke arah barat. Pemkab Gunungkidul sangat mendukung dengan dibangunnya Universitas Negeri Yogyakarta di Gunungkidul

"Delapan prodi yang akan dibuka, yakni Pengelolaan Usaha Rekreasi,  Logistik Perdagangan Internasional, Bisnis Kreatif, Bisnis Digital, Tata Boga, Tata Busana, Akuntansi, dan  Teknik Informatika

Seluruh prodi tersebut akan mulai menerima mahasiswa pada semester Ganjil 2020. Pembukaan prodi direncanakan tidak menutup prodi lama yang sudah ada.

Keduanya berjalan beriringan. Seperti ITB, punya jurusan teknik yang sama di Bandung, Jatinangor, dan Cirebon," ungkap Sutrisna.

Sutrisna menambahkan, bahwa Sekolah Vokasi ini didirikan mengacu dengan prioritas Pemerintah dalam mengembangkan pendidikan yang link and match dengan dunia industri, sehingga menerapkan sistem multi entry multi exit.

Melalui sistem ini, mahasiswa bisa memilih hendak menjalani kuliah dalam jenjang D1/D2/D3/D4, sesuai kebutuhan masing-masing. Pembangunan Kampus Gunungkidul rencananya akan dimulai pada Januari 2020. Sosialisasi rencana UNY membangun kampus di Gunung Kidul juga dihadiri oleh para kepala sekolah, aparatur desa serta masyarakat lainnya. (*)

Jurnalis: Dwijo Suyono
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Yogyakarta
Copyright © 2020 TIMES Indonesia
Top

search Search