TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ketahanan Informasi

Melalui KMD Kepramukaan, FKIP Unisla Tingkatkan Kemahiran Calon Guru

25/01/2020 - 19:11 | Views: 28.46k
Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Lamongan, Yuhronur Efendi bersama peserta di Sanggar Pramuka Kabupaten Lamongan, Selasa, (14/1/2020). (Foto: Ja'far Shodiq/AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Islam Lamongan (Unisla) menyiapkan para calon guru yang memiliki kemampuan bidang Kepramukaan.

Para calon guru tersebut, digodok dalam kegiatan Kursus Mahir Dasar (KMD) di Sanggar Pramuka Kabupaten Lamongan, mulai Selasa - Minggu, (14-19/1/ 2020).

KMD-Kepramukaan-2.jpg

"Kita akan menyiapkan para calon guru yang memiliki kemampuan, baik praktik maupun teori dalam bidang kepramukaan," ujar Farih, saat pembukaan KMD, yang dihadiri Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Lamongan, Yuhronur Efendi, Rektor Unisla, Bambang Eko Muljono, Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris Unisla, Abdullah Farih dan 16 orang Pelatih Pembina dari Kwarcab Lamongan, Selasa, (14/1/2020).

Untuk diketahui, pemberian bekal berupa KMD ini seiring dengan disahkannya Permendikbud No 63 tahun 2014 tentang Kepramukaan dan diberlakukannya kurikulum 2013 dalam sekolah dasar dan menengah, menjadi peluang yang besar bagi para calon guru untuk memanfaatkan momentum serta meningkatkan peluang diterima kerja sebagai guru dengan memanfaatkan kualifikasi Pembina Pramuka.

Atas faktor itu, dikatakan Farih, pada hari kedua para peserta dibekali dengan kebijakan, UU GP, AD/ART Pramuka. Sedangkan di hari ke tiga dibekali dengan materi keterampilan Pramuka, SKU, SKK, dan TPG.

KMD-Kepramukaan-3.jpg

"Tidak hanya itu, mereka juga diwajibkan mendirikan tenda sendiri. Kemudian melakukan praktik pionering, perfect works, praktik membina penggalang dan simulasi pelaksanaan Jambore," kata Farih membeberkan.

Lebih lanjut Ia menambahkan, KMD ini diikuti oleh kurang lebih sebanyak 85 peserta, baik dari mahasiswa internal Unisla, maupun dari luar Unisla, termasuk peserta dari Universitas Negeri Jember (Unej). (*)

Penulis: Jakfar Sodiq (CR-051)
Editor : AJP-4 Editor Team
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber :
Copyright © 2020 TIMES Indonesia
Top

search Search