TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa

Keluarga Berharap NU Perjuangkan KH Hasan Gipo Jadi Pahlawan Nasional

30/01/2020 - 20:21 | Views: 31.37k
Situs makam KH Hasan Gipo di kawasan Masjid Ampel, Surabaya (Foto: istimewa)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Keluarga KH Hasan Gipo yang tergabung dalam Ikatan Keturunan Sagipodin (IKSA) berharap Nahdlatul Ulama (NU) memperjuangkan Ketua Umum PBNU pertama itu sebagai pahlawan nasional.

Hal itu diungkapkan Ketua IKSA H Wachid Zein saat mendampingi rombongan pengurus PWNU Jatim dan NU Surabaya berziarah ke makam KH Hasan Gipo di kawasan Masjid Ampel, Surabaya.

Ia menegaskan bahwa pihaknya baru bisa menemukan makam KH Hasan Gipo pada Agustus 2015 setelah melakukan berbagai ikhtiar, termasuk menelusuri keturunannya di Gresik.

"Karena itu, kami berterima kasih kalau NU Jatim mau menziarahi makam mbah buyut kami pada setiap tahun seperti hari ini dalam rangka Hari Lahir Ke-95 NU," tegasnya.

Menurut Wachid Zein, ziarah ini memang pertama bagi NU Jatim, tapi tidak bagi NU Surabaya yang sudah berziarah pada 2017 dan 2018 silam. Sementara keluarga KH Hasan Gipo sendiri menggelar tahlil di makam tersebut setiap tahun.

Ia juga berharap NU mau memperjuangkan KH Hasan Gipo untuk mendapat gelar Pahlawan Nasional, juga memperjuangkan beberapa aset peninggalan almarhum di Surabaya, seperti Mushalla Gipo dan Tanah Pemakaman Umum Rangkah.

"Kami punya dokumen lengkap, aset mbah KH Hasan Gipo itu bisa dimanfaatkan untuk keluarga kami dan juga untuk kegiatan NU, sekaligus mengamankan situs sejarah NU," katanya didampingi para pengurus IKSA. (*)

Jurnalis: Sholihin Nur
Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Antara News
Copyright © 2020 TIMES Indonesia
Top

search Search