TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ketahanan Informasi

P4S Sarasnada Mina Utama Kab. Tabanan Binaan BBPP Batu Siap Dukung Kostratani

16/02/2020 - 07:14 | Views: 18.58k
BBPP Batu lalukan Pelatihan Teknis Tematikdi P4S Sarasnada Mina Utama Kab. Tabanan (13-15/02/1). (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATUBBPP Batu menyelenggarakan pelatihan teknis tematik pertanian bertempat di Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan, Swadaya (P4S) Sarasnada Mina Utama, Desa Penatahan, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali, Kamis-Sabtu (13-15/2).

Pelatihan dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tabanan, I Wayan Suandra yang dihadiri Kepala Desa Penatahan, I Nengah Suartika dan Kepala Wilayah Banjar Tegayan Penatahan Penebel, I Nengah Suardika.

Dalam sambutannya kepala dinas menekankan agar P4S beserta pengurus dan anggota terus meningkatkan kualitas SDM generasi milenial dan peningkatan produk unggulan benih padi. 

Untuk itu, pada kegiatan pelatihan ini materi yang disampaikan dari P4S dan Dinas Pertanian yaitu mengenai teknik pemuliaan dan produksi benih padi.

Pelatihan bertujuan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan serta memecahkan permasalahan dari ketua/anggota kelompok tani yang tergabung di P4S Sarasnada Mina Utama dalam memproduksi benih padi.

BBPP-Batu-lalukan-Pelatihan-2.jpg

Setelah di lanjutkan materi dari Asosiasi Bank Benih dan Teknologi Tank Indonesia (AB2TI) Kabupaten Tabanan tentang teknik pemuliaan dan produksi benih berkualitas serta peran AB2TI dalam penangkaran benih padi.

Sedangkan Ketua P4S Sarasnada Mina Utama, I Nengah Astawa menyampaikan materi pengenalan mutu dan kualitas benih, dilanjutkan materi dari Pengurus Forum Komunikasi (FK) P4S Propinsi Bali, , Ir. I Made Suparta dengan materi peran P4S dalam peningkatan produksi benih berkualitas, dan I Made Budia Artawan dengan materi teknik penangkaran, pengawasan serta panen dan pasca panen.

Rangkaian kegiatan pelatihan teknis tematik dengan tema produksi benih padi di P4S Sarasnada Mina Utama, resmi ditutup oleh Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu, Dr. Wasis Sarjono, S.Pt, M.Si yang diwakili oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelatihan, Sugino, SP, M.Si, Sabtu (15/02/2020).

Dalam laporan singkatnya, Ketua P4S Sarasnada Mina Utama, I Nengah Astawa menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan dilaksanakan dengan metode pembelajaran teori dan praktek serta diskusi dengan penuh antusias seluruh peserta pelatihan.

Sementara itu, Sugino, SP, M. Si dalam arahannya menyampaikan bahwa P4S selain bergerak di Bidang peningkatan SDM juga harus memiliki komoditas unggulan sebagai ciri khas/spesifik dari P4S.

"Hal ini, tentunya selaras dengan program utama Kementerian Pertanian yang telah dicanangkan,Menteri Pertanian, Dr. Syahrul Yasin Limpo, SH, M.Si (SYL) yaitu Komando Stategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) dengan tujuan 1) Menyediakan bahan pangan bagi 267 juta penduduk Indonesia 2) Peningkatan Kesejahteraan Petani 3) Peningkatan eksport produk pertanian," ujar Sugino, Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelatihan BBPP Batu. (*)

Penulis: M. Abdul Aziz
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber :
Copyright © 2020 TIMES Indonesia
Top

search Search