TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ketahanan Informasi

Siapkan Generasi Petani Milenial, MAN 1 Mojokerto Gelar Fieldtrip ke BBPP Batu

19/02/2020 - 16:56 | Views: 31.98k
Kepala Bagian Umum BBPP Batu, M. Abdul Aziz Terima Fieldtrip MAN 1 Mojokerto, Selasa (18/2/2020). (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – 116 orang murid Madrasah Aliyah Negeri 1 (MAN 1) Mojokerto dari kelas X beserta 4 orang guru pendamping melakukan Fieldtrip ke BBPP Batu yang ada di Kawasan Wisata Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu - Jawa Timur, Selasa (18/2).

Tiba di lokasi pada pukul 09.00 WIB, rombongan disambut oleh Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu, Dr. Wasis Sarjono, S.Pt, M.Si yang diwakili Kepala Bagian Umum, M. Abdul Aziz didampingi Tim Pemandu, Dullah, Sukadi, Suwandi, Kusnadi, dan Haris Khoirul Usman, S.TP, M.Sc.

Menurut Aziz, dalam kegiatan Fieldtrip ini murid MAN 1 Mojokerto diberikan ilmu pengetahuan mengenai instalasi peternakan yang ada di BBPP Batu. 

Diantaranya melihat langsung di lapangan tentang instalasi peternakan sapi perah, sapi potong, pengolahan limbah ternak, ayam Kampung Unggulan Balitnak (KUB), ayam petelur omega-3 dan pengolahan susu sapi.

BBPP-Batu-2.jpg

“Kami ucapkan selamat datang sekaligus sangat senang dapat saling berbagi informasi pengetahuan peternakan kepada murid-murid dari MAN 1 Mojokerto. Harapan kami, murid MAN menjadi generasi petani milenial yang mencintai dunia pertanian, siap bekerja di dunia usaha/dunia industri pertanian terutama di bidang peternakan,” urainya.

"Tentunya ini sejalan dengan kebijakan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang menaruh harapan pertanian pada generasi milenial dengan harus berani menjadi petani-peternak maupun mendirikan startup pertanian," imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Fieldtrip MAN 1 Mojokerto, Drs. Waras Sedjati.

Ia menerangkan bahwa kegiatan Field Trip berupa Kunjungan Lapangan/Pembelajaran di Luar Kelas mempunyai tujuan antara lain Peserta Didik dapat memperoleh  ilmu lengetahuan serta wawasan yang diperoleh dari lingkungan sekitarnya. 

Selain itu peserta didik dapat menerapkan Ilmu pengetahuan yang di peroleh di bangku Madrasah. Peserta didik juga mendapat pengalaman praktek secara langsung di lapangan, dan Sarana refresing untuk menghindari kejenuhan belajar di lingkungan Madrasah.

"Dengan kegiatan Field Trip ke BBPP Batu ini, peserta didik diharapkan juga mempunyai pengalaman dalam hidup mereka tentang hal yang belum pernah mereka pelajari di dalam kelas sebelumnya sehingga peserta didik akan terlibat langsung dalam proses belajar di lapangan mengenai dunia peternakan," terangnya. (*)

Penulis: M. Abdul Aziz
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber :
Copyright © 2020 TIMES Indonesia
Top

search Search