TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa

Museum & Galeri Seni SBY-ANI Ceritakan Perjalanan Hidup Presiden RI ke-6

22/02/2020 - 13:26 | Views: 44.21k
Suasana saat laporan rencana pembangunan museum dan galeri seni. (FOTO: Rojihan/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PACITANSusilo Bambang Yudhoyono, Presiden ke-6 RI Sabtu (22/2/2020) melakukan groundbreaking Museum & Galeri Seni SBY-ANI, di JLS Ploso, Pacitan, Jawa Timur. Acara dihadiri Edhie Baskoro Yudhoyono beserta istri, Agus Hari Murti Yudhoyono beserta istri dan juga Menteri Kabinet Indonesia Bersatu jilid I dan II.

Sebelum acara, ditampilkan tari sesaji dan pemutaran film sejarah masa kelahiran hingga kepemimpinan SBY. Tampak suasana haru dan bahagia menyeliputi acara tersebut. Tepuk tangan terus membahana bertanda kebanggaan putra terbaik Pacitan telah membangun dan memimpin Indonesia.

SBY-ANI-8.jpg

Selain itu tampak Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak Wakil Wakil Gubernur Jatim, sengenap jajaran pejabat Pemprov, Indartato Bupati Pacitan, OPD, Keluarga besar SBY dan Almarhum Ani Yuhoyono serta kader Partai Demokrat dan masyarakat.

Ossy Dermawan, Direktur Museum dan Galeri Seni SBY-ANI mengatakan dalam laporannya tentang pembangunan museum dari berbagai sisi, gedung yang akan menjadi target pembangunan hingga penggunaannya.

Museum akan menampilkan sejarah hidup SBY yang dibagi menjadi berbagai tema, dimulai dari masa kecil dan remaja SBY di Pacitan, mengemban tugas negara di dunia militer, melaksanakan pengabdian sebagai menteri di era Presiden Gus Dur dan Presiden Megawati, hingga terpilih menjadi presiden pertama yang dipilih secara langsung oleh rakyat di tahun 2004.

Selain itu juga akan menampilkan berbagai tema sepuluh tahun masa kepemimpinan SBY, memimpin bangsa dan negara. Dengan berbagai tantangan dan capaian yang dinikmati oleh rakyat Indonesia. Bahkan berbagai prestasi yang berhasil ditoreh utamanya dalam bidang perdamaian (peace), keadilan (justice), kesejahteraan (prosperity), dan demokrasi (democracy) juga ditampilkan.

SBY-ANI-9.jpg

Museum ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan pengetahuan bagaimana Presiden SBY memimpin bangsa, melaksanakan pemerintahan, dan mengatasi krisis serta tantangan dalam sepuluh tahun masa pemerintahannya, serta menjadi edukasi masyarakat kepada SBY dan Alm. Ani Yudhoyono.

"Tentunya museum ini didesain untuk memberikan masyarakat lingkungan yang nyaman, serta nuansa yang mendidik dan menghibur (education dan entertainment) sehingga akan menjadi salah satu pengalaman yang mengesankan dan tak terlupakan," katanya, Sabtu (22/2/2020).

Sementara itu dalam Galeri Seni Ani Yudhoyono, berbagai karya seni seperti lukisan, patung, kain batik, kerajinan tangan, dan benda seni lainnya akan ditampilkan. "SBY dan Almarhumah Ibu Ani sangat mencintai seni budaya Indonesia. Selama mendamping SBY, Ibu Ani telah mengoleksi sekitar sepuluh ribu karya seni, baik yang didapatnya di dalam negeri maupun saat kunjungan kenegaraan ke luar negeri," tambahnya.

Sebagai informasi, Museum & Galeri Seni SBY-ANI dibangun di atas lahan sekitar 1,5 hektare. Sementara bangunan total museum dan galeri seni keseluruhan sekitar 7.500 meter persegi. (*)

Jurnalis: Rojihan (MG-216)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Ponorogo
Copyright © 2020 TIMES Indonesia
Top

search Search