TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

4 Bunga Cantik Pengusir Nyamuk

23/02/2020 - 03:42 | Views: 42.69k
Ilustrasi - Lavender salah satu Bunga pengusir nyamuk (FOTO: thinkstockphotos)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya akibat gigitan nyamuk seperti malaria dan demam berdarah, menanam bunga pengusir nyamuk di pekarangan rumah bisa jadi solusi yang tepat. Apa saja bunga yang bisa dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk?

1. Citronella geranium

Semua jenis tanaman geranium dapat dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk. Tak terkecuali Citronella geranium. Tanaman dengan aroma serupa sereh ini merupakan salah satu obat pengusir nyamuk yang ampuh. Aromanya yang kuat, sangat dibenci oleh nyamuk.

2. Bunga floss

Bunga floss atau Ageratum houstounianum memiliki aroma khas yang tidak disukai nyamuk. Aroma bunga floss membuat nyamuk takut dan menjauh, sehingga tanaman ini dapat dijadikan salah satu bunga pengusir nyamuk sekaligus penghias halaman Anda.

Edisi-Senin-24-Februari-2020-bunga.jpg

3. Lavender

Meski aromanya sangat menyegarkan, lavender merupakan salah satu bunga yang dibenci nyamuk. Lavender mengandung senyawa linalool dan lynalyl asetat yang tidak disukai oleh nyamuk.

Tak hanya nyamuk, lalat juga tidak menyukai aroma bunga cantik berwarna ungu ini. Selain bermanfaat untuk mengusir nyamuk, lavender juga bersifat antinyeri, antijamur, dan antiseptik.

4. Marigold

Kandungan piretrum dalam bunga marigold dan Calendula officinalis membuat tanaman ini tidak disukai nyamuk dan serangga lainnya. Selain menjadi salah satu bunga pengusir nyamuk, bunga ini memiliki khasiat bagi kesehatan, termasuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melancarkan pencernaan, merawat kulit serta mengobati infeksi mata dan kulit. (*)

Jurnalis:
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur
Sumber :
Copyright © 2020 TIMES Indonesia
Top

search Search