TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ketahanan Informasi

Besek Bambu Trenggalek Solusi Wadah Ramah Lingkungan

22/02/2020 - 10:52 | Views: 17.29k
Besek Bambu Trenggalek (FOTO: Sisca Ainun Nissa/ AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TRENGGALEK – Indonesia sedang darurat sampah plastik, oleh karena itu banyak alternatif yang ditawarkan untuk menanggulanginya. Trenggalek memiliki cara klasik yaitu dengan menggunakan besek bambu yang dibuat oleh pengrajin lokal.

“Besek lebih aman dari plastik, selain itu juga lebih praktis,” ungkap Sujono, pengepul besek bambu Trenggalek saat ditemui TIMES Indonesia, Jumat (21/2/2020).

Para pengrajin besek banyak ditemui di Desa Prambon, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek. Rata-rata dari mereka menggeluti usaha ini dari tahun 1992 dan masih terus berjaya hingga sekarang.

“Bambu di kawasan Prambon ini banyak, mau digunakan untuk bertahun-tahun juga tidak akan habis,” ujar Sujono saat menceritakan bahan baku pembuatan besek bambu.

Eksistensi besek bambu kini sudah melanglang buana hingga ke kota-kota besar di Indonesia, diantaranya adalah Kediri, Bondowoso, Surabaya, Jember, bahkan hingga Jakarta. Biasanya permintaan besek akan melambung ketika mendekati hari raya Qurban

Hal ini sejalan dengan upaya peningkatan taraf hidup masyarakat guna tercapainya Trenggalek Meroket di masa yang akan datang. Sebab pengrajin besek bambu Trenggalek turut menikmati hasil usahanya. (*)

Penulis: Sisca Ainun Nissa (CR-141)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber :
Copyright © 2020 TIMES Indonesia
Top

search Search