TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ketahanan Informasi

Keseruan English Funtastic 2020 yang Dihelat UMG

27/02/2020 - 12:35 | Views: 40.48k
English Funtastic 2020

TIMESINDONESIA, GRESIK – Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UMG, atau lebih dikenal dengan SESA (Spunky English Student Association) menghelat ajang kompetisi Bahasa Inggris English Funtastic 2020.

Kegiatan yang diadakan rutin setiap tahun ini dilaksanakan selama dua hari, Sabtu dan Minggu (23-24/2/2020).

Sejumlah lebih dari 400 peserta yang merupakan siswa siswi SD, SMP dan SMA ataupun yang sederajat yang berasal dari semua daerah di Provinsi Jawa Timur mengikuti kegiatan kompetisi ini.

Pada kegiatan English Funtastic 2020 yang mengambil tema “Empowering Young Generation to Create a Better Nation” kali ini terdapat lima jenis kompetisi yakni Debate Competition, Story Telling Competition, Speech Competition, The Voice Competition serta Olympiad yang keseluruhannya menggunakan Bahasa Inggris.

English-Funtastic.jpg

Kepala Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UMG, Ribeh Najib Muhammad, M.Pd., menyampaikan bahwa kegiatan English Funtastic 2020 kali ini jauh lebih besar dibanding acara serupa di tahun sebelumnya. Hal ini dapat dilihat dari keikutsertaan peserta yang tahun ini berasal dari berbagai sekolah di Provinsi Jawa Timur.

“Pendaftaran pun bisa dilakukan secara online, sehingga memudahkan peserta untuk ikut mendaftar dalam EF kali ini,” terangnya.

Nur Musa’arah, Ketua Pelaksana English Funtastic 2020 pada TIMES Indonesia menjelaskan kegiatan kali ini terbilang sangat meriah dan banyak diminati oleh siswa siswi dari sekolah-sekolah di Jawa Timur.

“Banyak sekali peserta yang mendaftar mendekati hari penutupan pendaftaran, sehingga panitia agak kerepotan dan harus menolak beberapa pendaftar terakhir, karena kuota peserta telah terpenuhi sebelum hari terakhir pendaftaran,” jelasnya.

Selain jumlah peserta yang membeludak, kompetisi ini juga disponsori oleh berbagai perusahaan ternama di Gresik dan sekitarnya. Diantaranya ada PT. Bumi Lingga Pertiwi, PT. Smelting, PT. Petrosida, Mahesa Institute, 88 Digital Printing IEC, Van Der Wijck Trophy, Jipeg Advertising dan Pasmira.

English-Funtastic-2.jpg

English Funtastic 2020 juga bekerjasama dengan beberapa media partner di Jawa Timur seperti Event Suroboyo, Acara Malang, Acara Media, Event Pelajar, Jatim Media, EventQ, Event Surabaya, Info Surabaya dan Event Jawa Timur.

Dalam kompetisi kali ini, SMP Progressif Bumi Sholawat Sidoarjo keluar menjadi juara umum. Siswa siswi perwakilan SMP ini memenangkan berbagai kategori lomba, antara lain satu juara di kompetisi Speech dan dua juara di kompetisi Storytelling.

Kompetisi The Voice untuk kategori SD dimenangkan oleh Jovan Josse Kudadiri dari SD Kristen Petra 12, sedangkan untuk kategori SMP dimenangkan oleh Nike Amalia Wahjudi dari SMP Muhammadiyah 1 Gresik, dan kategori SMA dimenangkan oleh Ficky Dwi H dari SMAN 1 Menganti.

Kompetisi Speech untuk kategori SMP dimenangkan oleh SMP Muhammadiyah 12 GKB, dan kategori SMA dimenangkan oleh Silvia Maulidatun Solichah dari SMA Muhammadiyah 8 Cerme.

Pada kompetisi lainnya yakni Storytelling, untuk kategori SD dimenangkan oleh Naira Rizwanti W. dari SD Yimi Fullday School, untuk kategori SMP dimenangkan oleh Bradie Naradithya R. dari SMP Progressif Bumi Sholawat, dan kategori SMA dimenangkan oleh Jonathan Diven Setiawan dari SMAN 1 Gresik.

Untuk Olimpiade bahasa inggris dimenangkan oleh Sayyidah Humairah dari SMAN 1 Sidoarjo. Sedangkan kompetisi Debate dimenangkan oleh tim debat dari SMAN 1 Sidoarjo.

Selanjutnya Ribeh berharap agar kedepannya kegiatan English Funtastic akan dapat terus dilaksanakan secara rutin dengan mengundang lebih banyak peserta.

“Semoga kedepannya bisa mengundang peserta dari luar Jawa Timur juga, sehingga baik kegiatan ini maupun Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UMG bisa lebih dikenal masyarakat luas,” tegas Ribeh, Kepala Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UMG(*)

Penulis: Abdurrahman Faris (CR-094)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber :
Copyright © 2020 TIMES Indonesia
Top

search Search