TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ketahanan Informasi

BMH Jatim Gerai Malang Berkunjung ke Rumah Turiyan Penyandang Disabilitas

27/02/2020 - 14:14 | Views: 33.81k
Humas BMH Jatim gerai Malang Ruwiyanto menyerahkan Bantuan Peralatan Salat dari YBM PLN UP 3 Malang, kepada Turiyan di Dampit Malang, Kamis (27/2). (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGBMH Jatim Gerai Malang berkunjung ke rumah Turiyan, (57) Warga Desa Jambangan Kec Dampit Kabupaten Malang.

Ia hidup dengan segala keterbatasan fisik. Kedua kakinya tidak bisa dipakai untuk berjalan secara normal tak menyurutkan semangat kerjanya untuk terus bertahan hidup. 

Bahkan untuk berjalan saja,  pria yang kini hidup sendirian di rumahnya tersebut hanya menggunakan tongkat kecil ukuran 50 cm, dan sebuah papan yang di bawahnya ada rodanya seperti papan selancar. Alat bantu itulah yang selalu setia menemani aktifitasnya.

Pria penyandang disabilitas yang sampai hari ini belum menikah tersebut memiliki pekerjaan membuat besek serta tempeh ataupun kerajinan kebutuhan dapur yang bahan bakunya dari bambu untuk bertahan hidup.

"Tidak setiap hari Turiyan membuat kerajinan tangan, untuk membuatnya menunggu pesanan terlebih dahulu," kata Paingan yang rumahnya bersebelahan dengan Turiyan, Kepada BMH Jatim gerai Malang yang berkunjung bersama TIMES Indonesia di kediamannya, Desa Jambangan Dampit Malang, Kamis (27/2). 

Lebih lanjut Paingan menuturkan, Bahwa Turiyan saat ini belum memiliki kelayakan MCK, sehingga untuk buang air harus berjalan kebelakang kebun yang jaraknya 15 M dari tempat tinggalnya. 

Sedangkan untuk mencuci pakaian Turiyan menggunakan air hujan yang telah ditampung di sebuah bak ukuran 2x1,5 M di samping rumahnya. 

Sementara itu Manajer Operasional BMH Jatim gerai Malang Karim mengaku prihatin dengan kondisi Turiyan yang hidup sendirian. 

Karim mengatakan akan mengupayakan untuk bisa membantu pembuatan MCK serta Mesin Sanyo sehingga untuk memenuhi kebutuhan airnya bisa menggunakan air bersih. 

"Kebetulan pada saat tim kami berkunjung sedang ada upaya pembenahan Kamar mandi dari pemerintah Desa setempat, kedepannya kami akan mengusahakan mesin sanyo supaya bisa memanfaatkan air bersih dari sumur terdekat," kata Karim.

"Tahap awal kunjungan kami juga mendistribusikan perlengkapan salat seperti sarung dan sajadah yang merupakan Suport dari YBM PLN UP 3 Malang serta sedikit uang tunai untuk memenuhi kebutuhan pokoknya," imbuhnya.

BMH Jatim gerai Malang membuka donasi peduli Turiyan untuk membantu pembelian mesin sanyo, bantuan bisa di salurkan melalui transfer ke rekening Bank Muamalat nomor  715 0000 963 atas nama yayasan Baitul Maal Hidayatullah, konfirmasi donasi bisa menghubungi nomor WhatsApp 0817383380. 

"Bisa juga menyalurkan bantuan dengan datang ke kantor BMH Jatim Gerai Malang JL sidomakmur 15 Dau Malang," kata dia. (*)

Penulis: Imron Mahmudi (CR-164)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber :
Copyright © 2020 TIMES Indonesia
Top

search Search