Tira Lahirkan Anak Gajah Seberat 85 Kg
Tira Lahirkan Anak Gajah Seberat 85 Kg
04-10-2017 - 18:56 | Views: 3.59k

MALANG - Gajah merupakan mamalia terbesar di darat. Ada dua jenis spesies gajah di dunia, yaitu gajah Afrika (Loxodonta africana) dan gajah Asia (Elephas maximus). Gajah-gajah yang ada di Batu Secret Zoo adalah gajah Sumatera, sub spesies dari gajah asia dengan nama ilmiah Elephas maximus sumatranus. 

Gajah Sumatera termasuk satwa terancam punah (critically endangered) yang dikeluarkan oleh Lembaga Konservasi Dunia – IUCN. Di Indonesia, gajah Sumatera juga masuk dalam satwa dilindungi menurut Undang-Undang No 5 Tahun 1990. 

Sehubungan dengan perayaan “Happy World Animals Day” pada 4 Oktober, Batu Secret Zoo memperkenalkan anakan gajah pertama yang lahir pada tanggal 7 Juli 2017 pada pukul 04:15 WIB. Anak Gajah ini memiliki berat badan ±85 kg dan tinggi badan ±78 cm, berjenis kelamin betina. 

Indukan gajah bernama Tira berumur 23 tahun yang berasal dari Pusat Latihan Gajah (PLG) Bukit Serelo, Lahat, Sumatera Selatan, sedangkan pejantan yang bernama Andalas berumur 20 tahun berasal dari Pusat Latihan Gajah (PLG) Padang Sugihan, Banyuasin, Sumatera Selatan. 

Sebelum berada di PLG, gajah Tira dan Gajah Andalas dimanfaatkan untuk atraksi. Mereka didatangkan ke Batu Secret Zoo pada tanggal 19 Maret 2015 yang bertujuan untuk konservasi dan sarana edukasi bagi pengunjung tentang gajah, khususnya gajah Sumatera.

"Masa kebuntingan gajah 22-23 bulan, selama kebuntingan tim dokter hewan Batu Secret Zoo melakukan pemeriksaan yang berkaitan dengan kebuntingan gajah Tira. Pemeriksaan meliputi pemeriksaan kadar kalsium darah, kadar hormon progesteron dalam darah, serta Ultrasonografi yang didampingi oleh Christoper Stremme DVM asal Jerman, yang sudah lama mendalami reproduksi pada gajah. Hal ini dilakukan untuk evaluasi kesehatan induk serta fetus (bayi selama kebuntingan)," jelas Drh Roosy Margaretha. (*)

Fotografer
: Adhitya Hendra
Editor
: Tria Adha
Publisher
: Tria Adha
Follow Us!
Member Of