TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Foto: Serba-Serbi

Festival Jailolo

05/05/2018 - 08:00 | Views: 25.59k

TIMESINDONESIA, HALMAHERA BARAT – Dari sejumlah "surga tersembunyi" di Indonesia, Teluk Jailolo di Halmahera Barat adalah salah satunya.

Teluk Jailo yang sudah ditetapkan sebagai kawasan segitiga terumbu karang dunia ini sudah menjadi tujuan utama destinasi wisata bagi penikmat dan pemuja keindahan bawah laut.

Terletak diantara pulau Ternate, Tidore dan Pulau Halmahera, teluk ini menjadi salah satu tempat yang masih menyimpan keharmonisan dan kehidupan aneka ragam biota bawah laut.

Dengan perpaduan kearifan budaya lokal masyarakat yang tinggal di wilayah Teluk Jailo dalam menjaga kelestarian alamnya, membuat keindahan Teluk Jailo ini semakin lengkap.


Festival Teluk Jailolo (FJT) yang diselenggarakan setiap tahun itu, adalah salah satu bukti dan daya tarik keindahan Teluk Jailo yang sangat lengkap itu.

FTJ yang ajeg menyuguhkan gelar seni Budaya Moloku Kie Raha; upacara adat dan ritual budaya lokal; gelar kuliner tradisional; dan panggung budaya itu sekarang dijadikan daya tarik promosi wisata Halmahera Barat. 


Sebenarnya, FJT sudah digelar sejak 2009. Pada FJT 2018 kali adalah kali ke-10 Halmahera Barat menyelenggarakan festival ini. 

Dalam rangkaian acara kegiatan festival kali ini, grup musik Slank akan jadi acara penutup Fetival Teluk Jailolo 2018. 

Fotografer: Jurnalis Magang
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Tria Adha
Top

search Search