TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Foto: Serba-Serbi

Menilik Perjuangan Pekerja Rumahan

05/09/2018 - 16:41 | Views: 5.34k

TIMESINDONESIA, MALANG – Pekerja rumahan di Indonesia masih menghadapi berbagai kondisi rentan seperti status hubungan kerja yang tidak pasti. 

Banyak dari pekerja rumahan ini harus berhadapan dengan berbagai persoalan mulai dari upah rendah, posisi tawar lemah, kondisi kerja yang buruk, waktu kerja yang tidak jelas, tidak adanya perlindungan jika terjadi perselisihan, hingga fasilitas dan alat kerja yang minim.

Satu permasalah yang lebih penting ialah belum diakuinya pekerja rumahan di dalam undang-undang ketenagakerjaan. Di Indonesia, banyak perempuan miskin bekerja sebagai pekerja rumahan yang tidak terlindungi oleh undang-undang. 

Padahal, mereka berperan penting di dalam rantai produksi berbagai komoditas dalam negeri, mulai dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) hingga perusahaan multinasional. 

Masalah ini pun menjadi perhatian dari KBR untuk mewujudkan MAMPU (Kemitraan Australia-Indonesia untuk Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan), dengan meluncurkan serial Kampanye Publik “Lindungi Pekerja Rumahan”.(*)

 

Fotografer: Imadudin Muhammad
Editor : Ekki
Publisher : Tria Adha
Top

search Search