TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Foto: Peristiwa

Persiapan dan Pengamanan Gereja Jelang Natal

24/12/2018 - 10:07 | Views: 10.75k

TIMESINDONESIA, MALANG – Kepolisian se Malang Raya melaksanakan pengamanan maksimal di semua tempat ibadah dimana umat Kristiani merayakan Natal, salah satunya dengan melakukan sterilisasi. 

Sterilisasi tersebut merupakan bagian dari juklak dan juknis Operasi Lilin Semeru 2019. Sesuai empat perintah Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan, salah satunya adalah menciptakan keamanan dan ketertiban di semua lini tak terkecuali di tempat ibadah. 

Karena itu persiapan dan pengamanan yang dilakukan polisi Malang Raya dalam pelaksanan Natal dan Tahun baru 2019 lewat berbagai metode dan dengan ketat. 

Sehingga masyarakat termasuk umat kristiani yang merayakan Natal bisa dengan tenang dan aman dalam menjalankan ibadahnya. 

Salah satu keadaan itu bisa terlihat tatkala mereka sibuk menghias setiap sudut gereja. Misalnya di Gereja Katolik Paroki "Hati Kudus Yesus" yang terletak di Kota Malang.

Selain sterilisasi, dalam pengamanan ini juga dikerahkan Brimob dan team K9 untuk mengawal keamanan masyarakat. Sterilisasi dilakukan dalam upaya mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti adanya bahan peledak atau benda berbahaya lainnya di lingkungan gereja. 

Karena itu sterilisasi dilakukan dengan cara menyisir setiap area gereja dengan menggunkan alat metal detector, 
dan inspaction mirror para personil anggota Batalyon B, Sat Brimob Polda Jatim. Para petugas ini dengan ketat memeriksa mulai dari kursi umat hingga mimbar gereja.

Operasi pengamanan Natal dan Tahun Baru ini ini dilaksanakan selama 10 hari ke depan, mulai tanggal 23 Desember 2018 sampai 1 Januari 2019 mendatang.

Fotografer: Adhitya Hendra
Editor : Widodo Irianto
Publisher : Rochmat Shobirin
Top

search Search