TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Foto: Peristiwa

Ekspedisi Pinisi Bakti Nusantara Bersandar di Maluku Utara

12/02/2019 - 20:04 | Views: 11.12k

TIMESINDONESIA, MALUKU UTARA – Tim Ekspedisi Pinisi Bakti Nusantara bersandar di Pelabuhan Tri Kora, Tidore Kepulauan, Senin (11/2/2019). Rombongan ekspedisi disambut oleh Wali Kota yang diwakili Sekda Kepulauan Tidore, Asrul Sani Soleman.

Penyambutan rombongan ekspedisi diawali dengan tradisi menginjak tanah yang sertai doa oleh pemangku adat Tidore, selanjutnya rombongan disambut dengan tarian Soya - soya. Tarian Soya - soya sendiri adalah tarian yang menceritakan tentang nilai perjuangan masyarakat Maluku Utara yang gigih dalam mengusir penjajah.

Kapal yang digunakan dalam ekspedisi kali ini memiliki panjang 25 meter dan lebar 6 meter yang ditunjang dengan mesin berkapasitas 50 GT. Kapal ini dilengkapi fasilitas penunjang penelitian, perpustakaan, audio-visual interaktif, peralatan penyelaman bawah air (SCUBA), kabin, dan tempat penyimpanan berbagai peralatan dan bahan.

Ekspedisi Pinisi Bakti Nusa ini dimulai sejak 15/12/2018 lalu, kegiatan ekspedisi ini digagas oleh Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia (Iskindo) yang bekerja sama dengan Yayasan Makassar Skalia dan didukung oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Dengan mengangkut ini membawa misi untuk mewujutkan pengembangan budaya bahari dalam bentuk pelayaran dan pengolahan pengetahuan dari aksi pengembangan potensi kelautan yang berkelanjutan dan berbasis budaya, ekonomi dan lingkungan, untuk mendukung pencapaian Indonesia sebagai poros Maritim Dunia.

Ketua tim Ekspedisi Pinisi Bakti Nusa M Abdi Suhufan menyebutkan, perjalanan digelar dengan kapal pinisi bertiang layar dua yang telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan kebudaya dunia ini.

"Kami akan membawa 17 penumpang. Enam orang di antaranya kru kapal tetap, sedangkan sebelas lainnya kru program yang bergantian di setiap destinasi dengan dinahkodai oleh Irdham Awie," ujar M Abdi Suhufan.

Kapal pinisi tersebut akan berlabuh di 74 titik pelabuhan atau pesisir strategis, termasuk kawasan konservasi laut, pariwisata, dan pulau - pulau perbatasan.

Dari 74 titik yang akan disinggahi Ekspedisi Pinisi Bakti Nusantara, dengan perkiraan waktu estimasi pelayaran 9 bulan (254 hari) dengan perkiraan ekspedisi pada 17 Agustus 2019 mendatang. (*)

Fotografer: Adhitya Hendra
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Top

search Search