TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Foto: Peristiwa

Gitar Ukir I Wayan Tuges Yang Mendunia

19/02/2019 - 17:20 | Views: 11.35k

TIMESINDONESIA, BALI – Seniman gitar ukir asal Gianyar, Bali I Wayan Tuges telah mendedikasikan dirinya untuk berkarya membuat gitar yang dipenuhi ukir-ukiran yang fantastik dan kini karyannya sudah mendunia.

Workshopnya di Jalan Baruna 5, Guwang, Kabupaten Gianyar, Bali, I Wayan Tuges menghasilkan ribuan mahakarya gitar ukir. Dibantu beberapa karyawannya, 1 buah gitar mampu di produksi kurang lebih 2 minggu hingga 3,5 bulan lamanya tergantung kerumitan ukiran gitar itu sendiri.

Untuk bentuk ukiran gitar Blueberry, dominasinya adalah gambar naga. Mengapa naga? Karena I Wayan Tuges lahir di tahun naga emas. Cukup menarik bukan.

Harga yang di tawarkan dari gitar Blueberry ini dari 1,000 dollar hingga 4,900 dollar.

Peminat gitar ukir I Wayan dari Indonesia hingga mancanegara. Diketahui, sederet musisi telah menggunakan gitar buatan Wayan Tuges. Diantaranya, musisi jazz Paul Deslaurier, Golden Earing Band, dan George Kooymanns.

Gitar ukir yang diciptakan I Wayan Tuges  90 persen menggunakan bahan baku yang berasal dari dalam negeri. Ia tidak lagi bergantung pada bahan baku ekspor seperti mahoni, mangga dan rosewood. 
 

Fotografer: Tria Adha
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Tria Adha
Top

search Search